DESA GIRI EMAS DALAM BURSA INOVASI DESA KECAMATAN SAWAN 2019 DI B’DLODD RESTO

Desak Putu Henny Krisnawati 19 September 2019 21:48:19 WITA

giriemas.buleleng.desa.id – Kamis tanggal 19 september 2019 bertempat di B’dlodd Resto diselenggarakan Bursa Inovasi Desa yang dihadiri oleh  Camat Sawan, Perbekel sekecamatan Sawan,TPDI kecamatan sawan, Tokoh masyarakat  masing-masing Desa dan BPD sekecamatn sawan.

Pada acara tersebut Camat  Sawan menjelaskan bahwa Bursa Inovasi Desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di Desa-Desa di lingkup Kecamatan dan merupakan bagian tak terpisahkan dari Model Pengelolaan Inovasi di Tingkat Kabupaten.

Adapun maksud pelaksanaan Bursa Inovasi Desa yaitu untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif.

Sedangkan kegiatan-kegiatan yang akan dipamerkan dalam Bursa Inovasi Desa yakni kegiatan-kegiatan yang bernilai inovatif dalam pembangunan desa yang bukan dalam bentuk barang tetapi dalam bentuk ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa.

Camat Sawan  Drs. I GUSTI NGURAH SURADNYANA menambahkan Bursa  Inovasi Desa itu adalah sebuah  forum penyebaran inovasi   potensi  yang ada di desa dari yang tidak berrnilai menjadi  bernilai dan menghasilkan.  Dalam memunculkan suatu inovasi tidaklah mudah, harus dikerjakan & direncakan dari tahun ke tahun dan harus dipayungi oleh Pemerintah Desa ( Pemdes).  

Disamping  itu BPD juga harus  memunculkan   segala potensi yang ada di desa  dalam menggali potensi  desa dan mengembangkan inovasi desa yang tidak bisa ditiru oleh orang lain dan harus berkelanjutan. Dengan adanya inovasi  desa  ini akan bisa meningkatkan pendapatan asli desa.

Desa Giri Emas sangat antusias dalam mengikuti acara Bursa Inovasi Desa tersebut, dalam acara tersebut Perbekel Desa Giri Emas Wayan Sunarsa langsung ikut serta dan didampingi oleh ketua dan anggota BPD, Pokdarwis dan beberapa perwakilan tokoh masyarakat.

Potensi yang diangkat oleh Perbekel Desa Giri Emas adalah

  • Terasirtam ( Terapi Panas Pasir Hitam )
  • Bukakak ( Tradsisi budaya yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali )
  • Goa Raksasa ( Cave tourism, saluran irigasi kuno 1071M Caka993 )
  • Calung ( Cave trekking )
  • Pura Gaduh ( Tempat pengelukatan taman rekreasi Raja Aji Jaya Pangus )
  • Pura Gunung Sekar ( Penyatuan dua sekte Wisnu dan Siwa sambu )
  • Diving & Dolpin ( Kaang rungka & kaang roras )
  • Tradional dance/ sacral

 

Dengan adanya bursa inovasi desa ini diharapkan masing masing Desa diseluruh kecamatan Sawan memiliki inovasi kreatif dalam pengelolaan potensi Desa agar bisa meningkatkan pendapatan asli Desa.

 

 

 

Komentar atas DESA GIRI EMAS DALAM BURSA INOVASI DESA KECAMATAN SAWAN 2019 DI B’DLODD RESTO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar