Upacara ‘Jagat Kerthi’ Tumpek Wayang Desa Giri Emas

Desak Putu Henny Krisnawati 05 Maret 2022 23:52:57 WITA

Upacara ‘Jagat Kerthi’ Tumpek Wayang Desa Giri Emas

giriemas-buleleng.desa.id, Sabtu 05/03/2022), Dalam rangka menindaklanjuti Surat Intruksi Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2022 tentang perayaan rahina Tumpek Wayang dengan Upacara Jagat Kerthi sebagai pelaksana Tata Titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru, Perbekel Giri Emas (Wayan Saputra) bersama Perangkat Desa, Kelian Desa Adat Sangsit Dangin Yeh beserta Prajuru dan  Ibu-Ibu PKK melaksanakan kegiatan memeresik di Pura Khayangan Tiga (Pura Gunung Sekar), kegiatan tersebut dilaksanakan pada pukul 07.Wita – selesai. 

Acara dilanjutkan dengan acara persembahyangan bersama yang dilaksanakan di Pura Khayangan Tiga (Pura Gunung Sekar). Acara persembahyangan dilaksanakan pada pukul 15.00 wita – selesai. Acara persembahyangan dihadiri oleh Perbekel Giri Emas, Kelian Desa Adat Sangsit Dangin Yeh lan Prajuru dan Masyarakat Desa Giri Emas.

Di hari suci Tumpek Wayang ini, umat Hindu akan melaksanakan upacara yang ditujukan kehadapan Tuhan sebagai manifestasinya Dewa Iswara (Dewa Cuaca) untuk memohon keselamatan dan kerahayuan umat. Upacara Jagat Kerthi sendiri merupakan program dari Gubernur Bali untuk memaknai hari suci Tumpek Wayang yang jatuh pada Saniscara Kliwon Wuku Wayang Tanggal 5 Maret 2022. 

Acara berjalan dengan lancar dan mematuhi prokes kesehatan.

 

Komentar atas Upacara ‘Jagat Kerthi’ Tumpek Wayang Desa Giri Emas

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar