PIODALAN RING PADMASANA KANTOR PERBEKEL GIRI EMAS

Desak Putu Henny Krisnawati 26 Maret 2022 12:09:12 WITA

PIODALAN RING PADMASANA KANTOR PERBEKEL GIRI EMAS

giriemas-buleleng.desa.id, Pada Hari ini tepatnya pada Saniscara atau Sabtu Umanis Wuku Watugunung (26/03/2022) Pemerintah Desa Giri Emas, Perbekel bersama dengan Kelian Desa dan Prajuru Desa Adat Sangsit Dangin Yeh melaksanakan Upacara Piodalan Alit di Padmasana Kantor Perbekel Giri Emas. Dalam pelaksanaan persembahyangan tersebut dihadiri oleh Perbekel Giri Emas yang diwakili oleh Sekretaris Desa, Perangkat Desa, Ketua dan Anggota BPD,  Ketua dan anggota LPD, Ibu-Ibu PKK, Guru Paud dan Bhabinkamtibmas Desa Giri Emas.

Kegiatan persembahyanagan tersebut dimulai pada pukul 08.00 wita s/d 10.00 wita yang dipuput oleh Jro Mangku Ayu kesarengin Mangku Wayan Dinasa

Dalam sambutannya Sekretaris Desa (Kadek Muliawan) mengucapkan terimakasih kepada Kelian Adat Sangsit Dangin Yeh, Kelian Subak Sangsit Dangin Yeh, Staf Kasi Kaur KBD Segara dan Dangin Yeh, Ibu-ibu PKk, Ketua BPD dan anggota, Guru Paud dan Sekeehe Gong Alit-Alit, karena telah hadir dalam acara Piodalan Padmasana Kantor Desa Giri Emas dan semoga doa-doa yang dipanjatkan dapat segera terwujud.

Hari raya Saraswasti diperingati setiap enam bulan sekali (210 hari) tepatnya pada Saniscara atau Sabtu Umanis Wuku Watugunung.

Hari Raya Saraswati juga merupakan penghormatan terhadap Dewi Pengetahuan yaitu Dewi Saraswati. Dewi Saraswati merupakan sakti (bagian) dari Dewa Brahma sebagai Dewa Pencipta.  Dewi Saraswati juga yang dikenal sebagai Dewi Pelindung atau pelimpah pengetahuan, kesadaran dan sastra.

Dewi Saraswati merupakan Dewi yang menurunkan Ilmu Pengetahuan kepada manusia yang berguna bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara dalam menjalani kehidupan. Pada hari Saraswati, Umat Hindu memuja Ida Sanghyang Widhi Wasa dalam manifestasinya sebagai Dewi Saraswati. Ia merupakan simbol dari kekuatan Ida Sanghyang Widhi Wasa dalam menciptakan dan menurunkan ilmu pengetahuan. "Jadi secara filosofis merayakan turunnya ilmu pengetahuan yang sebagai simbol manifestasi Tuhan yang Esa Ida Sanghyang Widhi Wasa sebagai Dewi Ilmu Pengetahuan,"

Dewi Saraswati digambarkan sebagai sosok perempuan cantik berlengan empat yang duduk di atas teratai dan berwahana seekor angsa dan merak. Kedua tangan kanannya membawa sitar atau veena dan ganatri, sedangkan kedua tangan kirinya yang satu membawa pustaka atau keropak sedangkan tangan kiri satunya ikut membawa sitar atau veena.

Demikianlah kegiatan Upacara Piodalan Ring Padmasana Kantor Perbekel Desa Giri Emas berjalan denagn lancar dan mentaati protokol kesehatan covid-19.

Komentar atas PIODALAN RING PADMASANA KANTOR PERBEKEL GIRI EMAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar