BIMTEK dan POSYANDU BANJAR DINAS DANGIN YEH DESA GIRI EMAS

Desak Putu Henny Krisnawati 05 April 2022 11:23:24 WITA

Bimtek dan Posyandu Banjar Dinas Dangin Yeh Desa Giri Emas 

[giriemas-buleleng.desa.id, Giri Emas]. Selasa (05/04/2022) Bertempat di Gedung Serba Guna Desa Giri Emas telah dilaksanakan Kegiatan Posyandu dan Bimtek yang di hadiri oleh, Ibu Ketua PKK Desa Giri Emas (Nyoman Sunartini), Bidan Desa, Kader KPM, Kader Posyandu Banjar Dinas Dangin Yeh, Kader BKB, Kelian Banjar Dinas Dangin Yeh dan Kasi yang membidangi dan Bhabinkamtibmas. Kegiatan Bimtek Posyandu diberikan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng Ibu Komang Pariwisadi , Ibu Sri Listyawati dan didampingi oleh  Petugas Puskesmas Sawan I.  Kegiatan Posyandu diadakan rutin setiap bulan.

Posyandu adalah jenis pelayanan kepada anak berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak. Manfaat Posyandu ialah memberikan layanan kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare.

  1. Penimbangan Balitadilakukan tiap bulan di posyandu. Penimbangan secara rutin di posyandu untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula. KMS adalah kartu untuk mencatat dan memantau pekembangan balita dengan melihat garis pertumbuhan berat badan anak dari bulan ke bulan. Pada KMS dapat diketahui status pertumbuhan anaknya.
  2. Imunisasi. Di posyandu balita akan mendapatkan layanan imunisasi. Macam imunisasi yang diberikan di posyandu adalah BCG untuk mencegah penyakit TBC, DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus, Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan dan Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B (penyakit kuning).
  3. Peningkatan Gizi, dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita.

Dengan Tingkat kehadiran bayi dan balita sebanyak 30 Balita dan 1 balita imunisasi.

Acara posyandu berjalan dengan lancar , terima kasih kami ucapkan kepada masyarakat Banjar Dinas Dangin Yeh khususnya ibu-ibu yang sudah antusias untuk datang ke Posyandu. Terima Kasih juga kami ucapkan kepada Ibu Ketua PKK Desa Giri Emas yang selalu mendampingi, Bidan Desa, Kader KPM dan Kader Posyandu Banjar Dinas Dangin Yeh yang sudah melaksanakan Tugasnya dengan baik, dan terima kasih kami ucapakan kepada Petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng yang telah memberikan BIMTEK kepada Kader Posyandu Banjar Dinas Dangin Yeh.

Kegiatan posyandu tersebut dilaksanakan dengan mengikuti Protokol Kesehatan untuk mencegah Penyebaran Virus Covid-19.

Dokumen Lampiran : BIMTEK dan POSYANDU BANJAR DINAS DANGIN YEH DESA GIRI EMAS


Komentar atas BIMTEK dan POSYANDU BANJAR DINAS DANGIN YEH DESA GIRI EMAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar