PENYULUHAN NARKOBA DALAM RANGKA TMMD KE-115 TA 2022 DI DESA GIRI EMAS

Desak Putu Henny Krisnawati 02 November 2022 23:59:57 WITA

PENYULUHAN NARKOBA DALAM RANGKA TMMD KE-115 TA 2022 DI DESA GIRI EMAS

giriemas-buleleng.desa.id  Pada hari Rabu tanggal (2/11/2022) pukul 10.00 Wita bertempat di Gedung Serba Guna Desa Giri Emas telah dilaksanakan  kegiatan Penyuluhan Tentang Narkoba dengan Narasumber dari BNN Kabupaten Buleleng ( Ni luh Sri Ekarini, S.Kep.,Ns dan Md Ivan Endyana ) dalam rangka  TMMD ke-115 TA 2022 di Desa Giri Emas Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Perbekel Desa Giri Emas dan Perangkat Desa, Danramil 1609-03/ Seririt ( Mayor Inf Sabar Santoso) selaku Pawas TMMD Ke-115 TA 2022, Kelian Adat Sangsit Dangin Yeh dan prajuru, Ketua BPD, Ibu dan Bapak Guru Pendamping SMP N 2 Sawan, SMP N 4 Sawan dan SMA N 1 Sawan , Siswa-siswi SMP N 2 Sawan, SMP N 4 Sawan dan SMA 1 Sawan,  Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Pada kesempatan tersebut Bapak Perbekel Desa Giri Emas ( Wayan Saputra ) menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pihak Sekolah, Bapak dan Ibu Guru Pendamping Siswa dan siswi, dan adik-adik Siswa dan Siswi  karena telah hadir dalam Acara Penyuluhan tentang Narkoba. Bapak Perbekel titip pesan kepada adik-adik siswa dan siswi agar waspada dengan adanya Narkoba yang saat ini sangat dapat membahayakan untuk diri kita sendiri.  

Sambutan dari  Mayor Inf Sabar Santoso menyampaikan bahwa program TMMD Ke-115 Kodim 1609/ Buleleng tidak hanya melaksanakan kegiatan fisik namun juga melaksanakan kegiatan non fisik berupa penyuluhan Narkoba yang merupakan kesempatan sangat penting buat anak-anak sebagai pelajaran dan bekal serta menambah wawasan sehingga nantinya tidak akan terjerumus ke hal yang negatif.

Penyuluhan Narkoba adalah sebuah upaya pendekatan terhadap Siswa-siswi yang dilakukan oleh BNN dengan tujuan meningkatkan pemahaman siswa-siswi terhadap bahaya penyalahgunaan Narkoba dan setelah terjadinya penyuluhan diharapkan adanya perubahan pada sikap, tingkah laku dan pengetahuan peserta penyuluhan.

Memberikan pengetahuan tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba terhadap masyarakat terkhususnya generasi milenial merupakan sebuah kunci utama dalam memerangi Narkoba.

Permasalahan penyalahgunaan Narkoba mempunyai dimensi yang luas dan kompleks, baik dari sudut pandang medik, psikiatri, kesehatan jiwa maupun psikososial (ekonomi, politik, sosial budaya, kriminalitas dan sebagainya). Penyalahgunaan Narkoba merupakan fenomena sosial yang telah lama menjadi masalah sosial di masyarakat, hal ini dibuktikan dengan banyaknya kasus penyalahguna yang terjadi di dalam masyarakat itu sendiri. Permasalahan penyalahguna Narkoba adalah permasalahan yang tidak bisa hilang hanya dengan melakukan pemberantasan saja, namun perlu adanya edukasi atau sosialisasi kepada masyarakat secara umum. Dalam mengantisipasi potensi penyalahgunaan narkotika, BNN berupaya untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai dampak buruk narkotika dan cara menghindari penyalahgunaan Narkoba.

Maka dari itu sosialisasi dan pemahaman bahaya Narkoba bagi siswa-siswi sangat penting karena dengan begitu siswa-siswi dapat memiliki pemahaman yang sama yaitu penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba tidak boleh dilakukan karena dapat menimbulkan masalah dan efek negatif yang lebih besar. Sosialisasi atau penyuluhan mengenai Narkoba tidak dapat dilakukan oleh BNN sendiri. Keterlibatan Pemerintahan Desa, sekolah, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan keluarga sangat penting dalam membantu BNN memberantas penyalahgunaan Narkoba karena penyalahgunaan Narkoba bisa dilakukan melalui apa saja dan dimana saja.  Maka dari itu, diperlukan sinergitas antar stakeholder agar permasalahan sosial penyalahgunaan narkoba dapat diatasi bersama.

Antusias Siswa dan Siswi sangat banyak dengan adanya beberapa siswa dan siswi mengajukan pertanyaan baik menjawab pertanyaan dari Narasumber ataupun Bapak Perbekel Desa Giri Emas. Dalam kesempatan tersebut Bapak Perbekel memberikan beberapa Hadiah kepada Siswa dan Siswi yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Narasumber ataupun Bapak Perbekel.

Diakhir penyuluhan, narasumber berpesan kepada peserta khusus siswa-siswa untuk "Tetap katakan tidak terhadap Narkoba, dan Narkoba musuh kita bersama".

Kegiatan Penyuluhan tentang Narkoba berjalan aman dan lancar.

Dokumen Lampiran : PENYULUHAN NARKOBA DALAM RANGKA TMMD KE-115 TA 2022 DI DESA GIRI EMAS


Komentar atas PENYULUHAN NARKOBA DALAM RANGKA TMMD KE-115 TA 2022 DI DESA GIRI EMAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar