KEGIATAN POSYANDU DIBANJAR DINAS DANGIN YEH DESA GIRI EMAS

Pande Sujana Operator SID Pemdes Giri Emas 05 Juli 2019 10:38:59 WITA

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh desa  Giri emas adalah posyandu, Kegiatan Posyandu ( Pos pelayanan Keluarga Berencana – Kesehatan Terpadu) diselenggarakan oleh puskemas kecamatan dalam hal ini bidan desa dibantu oleh kader posyandu desa, Posyandu yang diselenggarakan hari ini Jum’at 5 Juli 2019 bertempat di banjar dinas dangin yeh desa Giri emas.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Posyandu dibagi menjadi dua kategori, untuk balita dan untuk ibu-ibu. Untuk balita,  posyandu memfasilitasi para balita untuk melakukan imunisasi (imunisasi hepatitis B, BCG, polio, DPT-HIB dan campak), timbang berat badan, dan pemberian vitamin. Sedangkan untuk ibu-ibu, fasilitas yang disediakan adalah konsultasi kesehatan selama mengandung dan perencanaan kehamilan selanjutnya. Tujuan dari semua kegiatan posyandu adalah untuk memantau pertumbuhan kembang anak dan kesehatan ibu, memantau keadaan gizi Setiap kali akan mengunjungi posyandu, masyarakat wajib membawa buku kesehatan ibu dan anak ( KIA) . buku KIA ini merupakan buku  yang memuat catatan kesehatan ibu (Hamil, Bersalin, Nifas) dan anak ( bayi baru lahir sampai anak usia 6 tahun), serta berbagai informasi tentang cara memelihara dan merawat kesehatan ibu dan anak,  sehingga kita dapat melihat keberhasilan program (kesehatan dan pertumbuhan) melalui grafik pada buku KIA tersebut.

Dengan adanya posyandu ini, diharapkan masyarakat desa dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan untuk membantu meningkatkan kesehatan dan membantu memonitoring pertumbuhan, perkembangan balita dan kesehatan ibu di desa giri emas, dikutip dari bidan desa Made Pasmini,  bahwa posyandu yang diselenggarakan di desa giri emas paling banyak yang datang, dari target  sasaran yang ditentukan adalah 90 – 100 orang ibu dan anak, antusiasme masyarakat desa Giri emas yang mau mengajak anaknya ke posyandu adalah 40-50 orang, dengan kata lain 50 persen dari target sasaran sudah terpenuhi Ujar Bidan desa Made pasmini.

Data detail yang terhimpun dari kegiatan posyandu tersebut adalah laki-laki 57 orang dan perempuan  52 orang dalam kategori umur 0-59 bulan kegiatan posyandu didesa Giri emas ini rutin dilakukan setiap awal bulan, Kegiatan Posyandu berlangsung dengan lancar dan ramai hal ini terlihat dari antusiasme ibu-ibu yang dengan penuh semangat mendatangi tempat kegiatan dengan membawa balita mereka untuk di timbang dan diberikan penyuluhan mengenai kesehatan terutama kesehatan ibu dan balita. Semoga dengan adanya kegiatan rutin posyandu ini, diharapkan semua ibu- ibu dan balita di desa ini mendapat peningkatan gizi, penurunan angka kematian, penurunan berat badan rendah dan penurunan angka kesakitan. (PS)

 

 

 

Komentar atas KEGIATAN POSYANDU DIBANJAR DINAS DANGIN YEH DESA GIRI EMAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar