KEGIATAN POS PELAYANAN KELUARGA BERENCANA - KESEHATAN TERPADU DI DESA GIRI EMAS

Desak Putu Henny Krisnawati 06 Juli 2019 14:27:44 WITA

Kegiatan Posyandu di Banjar Dinas Dangin Yeh Desa Giri Emas

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh di desa  Giri emas adalah posyandu, Kegiatan Posyandu ( Pos pelayanan Keluarga Berencana – Kesehatan Terpadu) diselenggarakan oleh puskemas kecamatan dan dibantu oleh kader posyandu desa, Posyandu yang diselenggarakan hari ini Jum’at 5 Juli 2019 bertempat di banjar dinas dangin yeh desa Giri emas.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Posyandu dibagi menjadi dua kategori, untuk balita dan untuk ibu-ibu. Untuk balita,  posyandu memfasilitasi para balita untuk melakukan imunisasi (imunisasi hepatitis B, BCG, polio, DPT-HIB dan campak), timbang berat badan, dan pemberian vitamin. Sedangkan untuk ibu-ibu, fasilitas yang disediakan adalah konsultasi kesehatan selama mengandung dan perencanaan kehamilan selanjutnya. Tujuan dari semua kegiatan posyandu adalah untuk pemantau pertumbuhan kembang anak dan kesehatan ibu, memantau keadaan gizi. Setiap kali akan mengunjungi posyandu, masyarakat wajib membawa buku kesehatan ibu dan anak ( KIA) . buku KIA ini merupakan buku  yang memuat catatan kesehatan ibu (Hamil, Bersalin, Nifas) dan anak ( bayi baru lahir sampai anak usia 6 tahun), serta berbagai informasi tentang cara memelihara dan merawat kesehatan ibu dan anak,  sehingga kita dapat melihat keberhasilan program (kesehatan dan pertumbuhan) melalui grafik pada buku KIA tersebut.

Dengan adanya posyandu ini, diharapkan masyarakat desa dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan untuk membantu meningkatkan kesehatan dan membantu memonitoring pertumbuhan, perkembangan balita dan kesehatan ibu di desa giri emas.

Komentar atas KEGIATAN POS PELAYANAN KELUARGA BERENCANA - KESEHATAN TERPADU DI DESA GIRI EMAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar