MANFAAT TERAPI PANAS PASIR HITAM PRODUK DARI POKDARWIS GIRI KERTA DESA GIRI EMAS

Pande Sujana Operator SID Pemdes Giri Emas 25 Agustus 2019 08:27:57 WITA

giriemas-buleleng.desa.id - Untuk menjaga kesehatan, banyak orang sampai menghabiskan biaya mahal. Namun, tidak semua kesehatan bisa didapat dengan biaya mahal, salah satunya terapi panas pasir hitam di desa Giri Emas

Memanfaatkan pasir untuk terapi sering dilakukan masyarakat sambil bersantai  bersama keluarga, banyak masyakat yang percaya bahwa terapi panas pasir hitam ini memberikan efek kesehatan untuk tubuh, belakangan ini banyak warga tertarik untuk menghangatkan tubuh dengan mengubur badan mulai dari kaki, paha, punggung, perut hingga leher. Diyakini dengan cara ini dapat mengurangi rasa pegal dan sakit pinggang. Terapi dengan panas pasir hitam ini memberikan efek relaksasi pada otot pinggang, leher, dan menghilangkan ketegangan otot tubuh dan peredaran darah menjadi lancar yang membuat badan menjadi relaks dan segar.

Bagi beberapa orang,  panas pasir hitam di pantai Giri Emas ini dipercaya mengandung mineral dan zat yodium yang bisa membantu pengobatan beberapa jenis penyakit. Hanya dengan menanam bagian tubuh di dalam pasir dan sesekali dilakukan pemijatan ringan, terapi panas pasir hitam ini bisa kita nikmati.

Di negara Jepang ada salah satu daerah sekitar 400 tahun telah memanfaatkan pasir panas dari vulkano untuk kesehatan, diperkirakan suhu pasir di sana bisa mencapai 85 derajat celcius, sedangkan suhu maksimal untuk seseorang dapat bertahan di pasir itu yakni 50 derajat celsius. Masyarakat Jepang mempercayai untuk perempuan, terapi ini efektif untuk melancarkan sirkulasi darah dan nyeri punggung. Untuk kulit, terapi ini baik bagi penderita alergi atopi.

Di indonesia panas pasir karena matahari setelah diteliti memiliki panas yang ideal 45 – 50 drajat celcius bisa digunakan untuk kesehatan namun dengan waktu yang tidak terlalu lama.Penilitian yang telah dilakukan tahun 2017 dengan menggali pasir di Desa Giri Emas untuk mendapat data dari panas matahari, panas matahari diambil dari pukul 09.00 hingga sore hari sehingga diperoleh karakteristik panasnya, menggali berbagai kedalaman hingga mendapatkan suhu yang diinginkan sehingga paling baik untuk dilakukan terapi, kedalaman 50 cm tidak ada perubahan suhu sehingga disimpulkan panas pasir hitam ada dipermukaan, untuk melakukan terapi tidak perlu dalam menggali pasir cukup membuat kemiringan untuk kenyamanan tubuh , melalukan terapi tidak lebih dari 20 menit, dengan banyaknya masyarakat memanfaatkan pasir hitam untuk terapi berdampak pula kebersihan pantai secara umum sehingga semua daerah pesisir bisa bersih dan terjaga lingkungannya. Jadi tunggu apalagi, yuk Kunjungi dan cobalah terapi panas pasir hitam tersebut di Desa Giri Emas, kecamatan Sawan, kabupaten Buleleng, Bali - Indonesia

 

Komentar atas MANFAAT TERAPI PANAS PASIR HITAM PRODUK DARI POKDARWIS GIRI KERTA DESA GIRI EMAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar