MUSYAWARAH PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) DESA GIRI EMAS

Pande Sujana Operator SID Pemdes Giri Emas 02 Oktober 2019 18:35:51 WITA

giriemas-buleleng.desa.id - Musrenbang Desa Giri Emas dilaksanakan di balai budaya ( Gedung Serba Guna ) Selasa 1 0ktober 2019, merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran 2020. Dengan mengacu pada RPJM desa yang diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.

Musrenbang Desa adalah kelanjutan dari kegiatan Musrenbang di tingkat Dusun yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Pemerintah Desa, BPD dan LPM Desa. Dalam kesempatan Musrenbangdes kali ini Kepala Desa memaparkan sekaligus melaksanakan sosialisasi atas Peraturan setiap Desa  tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Giri Emas, sekaligus memaparkan hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2019 yang menjadi amanat Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) serta menjelaskan besaran pendapatan yang diterima dari berbagai sumber keuangan yang masuk melalui rekening Kas Desa sebagai wujud transparansi pengelolaan keuangan Desa.

Ada beberapa point penting dalam Musrenbang Desa Giri Emas ini adalah Pembukaan acara musrenbang desa oleh Sekretaris Desa Kadek Muliawan, Sambutan dari Perbekel Desa Giri Emas, Arahan dari kecamatan dalam hal ini langsung dihadiri oleh Camat Sawan Drs. I Gusti Ngurah Suradnyana, Arahan dari pendamping desa, Penyampaian program kegiatan untuk tahun 2020, Pembentukan tim delegasi oleh Perbekel Desa Giri Emas sebanyak 3 – 5 orang, Diskusi dan acara penutup.

Berikut beberapa point Pelaksanaan Pembangunan Desa, Pembangunan jalan lingkungan pemukiman atau gang dan jalan usaha tani yang dijelaskan dalan acara Musrenbang desa Giri Emas :

  1. Pembangunan pavingisasi dari pelinggih interan kantor desa menuju jalan pura gunung sekar
  2. Pembangunan pavingisasi gang mangku gunawan banjar dinas dangin yeh
  3. Pembangunan jalan usaha tani Labuan abangan menuju pura gaduh banjar dinas segara
  4. Lanjutan pembangunan jalan Labuan abangan menuju pura panti banjar dinas segara

Dengan diadakannya Acara Musrenbang Desa Giri Emas ini diharapkan akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan dengan memaksimalkan partisipasi masyarakat serta ketersediaan anggaran yang ada.

Pelaksanaan Musrenbang desa Giri Emas Tahun 2019 untuk Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Tahun 2019 dan Perencanaan Kegiatan Tahun 2020 ini dihadiri oleh berbagai elemen dan unsur masyarakat seperti Camat Sawan Drs. I GUSTI NGURAH SURADNYANA, Perbekel Desa Giri Emas, Perangkat Desa,  BPD, LPM, Pokdarwis Giri Kerta, Kelompok tani, Kelompok nelayan, Kelompok dagang, BUMDes, dan PKK.

 

 

Komentar atas MUSYAWARAH PERENCANAAN DAN PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) DESA GIRI EMAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar