SERAH TERIMA ASET KABUPATEN BERUPA TANAH DAN BANGUNAN PASAR UNTUK DESA GIRI EMAS

Pande Sujana Operator SID Pemdes Giri Emas 05 Oktober 2019 09:28:03 WITA

giriemas-buleleng.desa.id - Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DISPERINDAG) Kabupaten Buleleng melaksanakan serah terima Aset Kabupaten berupa tanah dan bangunan pasar kepada Pemerintah Desa Giri Emas sekaligus peresmian BUMDes Labda Jaya Desa Giri Emas yang diselenggarakan pada hari kamis 3/10/2019 di Balai budaya (Gedung Serba Guna) Desa Giri Emas.

Dalam sambutan pembukaan kepala Disperindag kabupaten buleleng menerangkan bawah dengan adanya serah terima aset kabupaten berupa tanah dan bangunan pasar kepada pemerintah desa Giri Emas ini akan menjadikan Desa ini semakin maju dibidang perekonomian, karena sudah akan mempunyai pasar dengan kualitan bangunan yang bagus.

Dijelaskan lagi dalam pembukaan tersebut agar pemerintah desa Giri Emas mengelola aset pasar tersebut secara maksimal sesuai dengan ketentuan undang – undang yang berlaku agar bisa mendatangkan pundi pundi pendapatan asli desa ( PAD) untuk kesejahtraan masyarakat Desa Giri Emas.

Pasar Rakyat Desa Giri Emas ini, merupakan pasar tradisionil yang dibangun bersamaan dengan lima pasar lainnya menggunakan dana alokasi khusus (DAK) di tahun 2018. Kala itu, Pemerintah kabupaten Buleleng merevitalisasi enam pasar, masing-masing di Kecamatan Sawan ada tiga pasar yakni Pasar rakyat  Desa Giri Emas dengan dana sebesar Rp 834.990.681, Pasar Desa Sudaji, sebesar Rp 659.243.276, Pasar Desa Bungkulan sebesar Rp 669.000.603. Kemudian Pasar Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan sebesar Rp 1.364.133.744, Pasar Desa/KecamatanTejakula sebesar Rp 950.000192, dan Pasar Desa/Kecamatan Busungbiu sekitar Rp 900 juta.

Rencananya, pihak desa akan memanfaatkan ruang yang ada di dalam bangunan pasar untuk menambah los, termasuk memanfaatkan lahan kosong yang ada disisi barat bangunan pasar. Hanya saja, di lahan kosong ini hanya dimanfaatkan pedagang musiman. “Warga yang minta memang banyak, nanti kami rencanakan memanfaatkan lahan kosong di sisi barat, paling pedagang musiman pakai payung,” ujar Perbekel Desa Giri Emas “Wayan Sunarsa”.

Dalam waktu dekat, pemerintah Desa Giri Emas akan merencanakan pola pengelolaan pasar, Karena pasar rakyat desa ini rencananya akan dikelola oleh BUMDes Labda Jaya Desa Giri Emas.

Acara Peresmian dan pemelaspas Pasar rakyat tersebut diselenggarakan pada hari selasa tanggal 19 Februari 2019 yang langsung dihadiri oleh Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG, dan baru diserah terimakan sepenuhnya unutk pemerintah Desa Giri Emas pada hari kamis tanggal 3 oktober 2019.

Dalam acara ini disaksikan langsung oleh Kepala Disperindag, Muspika Sawan, perwakilan Koramil, Perwakilan polsek sawan, Tenaga Ahli Kecamatan, Kelian desa adat, Kelian Subak, Ketua dan anggota BPD, Ketua dan Anggota LPM, Ketua dan Anggota BUMDes, PKK dan Tokoh Masyarakat.

Semoga Dengan diterimanya aset kabupaten berupa tanah dan bangunan pasar untuk pemerintah Desa Giri Emas yang sekaligus BUMDes Labda Jaya Desa Giri Emas ini diresmikan akan menjadikan Desa Giri Emas sebagai Desa Mandiri, Maju dan Sejahtera

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar