PENGELOLAAN SECARA PROFESIONAL LAHAN PARKIR PANTAI SEBAGAI UNIT USAHA PERTAMA BUMDES LABDA JAYA

Pande Sujana Operator SID Pemdes Giri Emas 28 Oktober 2019 10:10:46 WITA

giriemas-buleleng.desa.id - Desa Giri Emas akan sejahtera dan mandiri antara lain karena keberadaan dan pengelolaan potensi desa melalui Bumdes Labda jaya yang optimal dan efektif, Gebrakan ini yang dilakukan oleh Pemerntah desa Giri Emas untuk selalu mendorong Bumdes Labda Jaya di kelola secara professional guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat desa.

BUMDes Labda Jaya Desa Giri Emas merupakan lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa, dibentuk berdasarkan kebutuhan masyarakat dan potensi desa. BUMDes Labda Jaya merupakan bentuk kelembagaan desa yang memiliki kegiatan menjalankan usaha ekonomi atau bisnis untuk memperoleh manfaat yang berguna bagi kesejahteraan masyarakat desa Giri Emas.

Sesuai dengan Visi dan Misi Bumdes Labda Jaya, terobosan yang dilakukan ini bertujuan untuk memperkuat perekonomian desa, berdasarkan kebutuhan dan potensi desa Giri Emas. BUMDes Labda Jaya merupakan pilar kegiatan ekonomi di desa yang berfungsi sebagai lembaga sosial (social institution) dan komersial (commercial institution). BUMDes sebagai lembaga sosial berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial. Sedangkan sebagai lembaga komersial bertujuan untuk mencari keuntungan melalui penawaran sumber daya lokal (barang dan jasa).

Berangkat dari penjabaran di atas, pengurus Bumdes Labda Jaya langsung bergerak cepat, Baru beberapa hari diresmikan di Gedung Balai Budaya ( gedung serba guna) tepatnya Hari kamis 3 oktober 2019, pengurus BUMDes Labda Jaya Desa Giri Emas langsung melakukan terobosan dengan melakukan pengelolaan secara professional lahan parkir pantai yang menjadi unit usaha pertama Bumdes Labda Jaya Desa Giri Emas.

Perekrutan petugas parkir pun dilakukan oleh pengurus Bumdes Labda jaya guna mempercepat unit usaha parkir ini berjalan, 2 orang petugas parkir dan 1 orang petugas kebersihan menjadi ujung tombak unit usaha pertama Bumdes Labda Jaya ini.

Dalam menjalankan unit usaha pertamanya, prinsip efisiensi dan efektivitas tetap harus ditekankan. Sebagai pilar kegiatan ekonomi di desa Giri Emas untuk bisa meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa. (PS)

 

 

 

 

 

 

 

Komentar atas PENGELOLAAN SECARA PROFESIONAL LAHAN PARKIR PANTAI SEBAGAI UNIT USAHA PERTAMA BUMDES LABDA JAYA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar