Pantai Giri Emas Cocok Untuk “TERASIRTAM” (Terapi Panas Pasir Hitam)

Pande Sujana Operator SID Pemdes Giri Emas 21 Januari 2020 09:52:27 WITA

giriemas-buleleng.desa.id – Desa Giri Emas merupakan salah satu desa yang berada di kabupaten Buleleng. Desa Ini menjadi Desa termuda di kecamatan Sawan karena baru berusia 14 tahun, Sejak dibentuk sejak 14 November 2005, Desa Giri telah melakukan berbagi programdemi memajukan Desa dengan mengembangkan potensi alam,SDM dan budaya untuk menjadi Desa mandiri. Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Giri Emas “Wayan Sunarsa” saat melakukan Dialog interaktif di Radio Singaraja FM (Dikutip dari Koran Tokoh Edisi 1066/20-26 Januari 2020).

Berbagai petensi alam dan budaya dimiliki oleh Desa Giri Emas tetapi belum dikembangkan dengan maksimal. Salah satu potensi yang mulai dikembangkan adalah Terasirtam (Terapi panas Pasir Hitam), Banyak masyarakat dari luar Desa untuk melakukan terapi. Melihat potensi tersebut Pihak desa menggandeng akademisi untuk meneliti kelayakan pasir yang ada di Giri Emas.

Agus Dharma dari tim peneliti Universitas Udaya mengatakan Buleleng memiliki garis pantai terpanjang di Bali, sebagian besar pantai di Buleleng memiliki pasir, namun setelah melakukan beberapa penelitian ditemukan pasir hitam di pantak Giri Emas merupakan yang paling bagus untuk digunakan terapi.

Dari hasil penelitian panas yang dihasilkan dari pasir berasal dari matahari mencapai 45 derajat celcius, suhu terbaik yang bisa digunakan untuk terapi diantara 40-50 derajat celcius. Pasir hitam yang ada di Desa Giri Emas berbeda dengan yang ada diJepang karena berada pada luasan dan berada pada ketinggian tertentu.

Bentuk pasir yang kecil dan tidak berkerikil serta kandungan besi yang sangat banyak juga menjadi acuan mengapa pasir yang berada di pantai Giri Emas dikatakan terbaik digunakan untuk terapi, Agus Dharma menambahkan untuk menambahkan hasil dari terapi panas pasir hitam perlu dilakukan sebanyak 3 kali dan dilakukan sekitar pukul 15.30, ia juga mengatakan manfaat yang akan dirasakan adalah melancarkan peredaran darah sehingga tubuh akan teasa lebih segar.

Terapi ini tidak dianjurkan bagi orang penderita tekanan darah tinggi, maka sebelum melakukan terapi akan ada tim medis yang akan mengecek tensi dari wisatawan yang akan diterapi.Jadi tunggu apa lagi yukz beramai ramai datang ke pantai Giri Emas (Hidden Beach) untuk mencoba terapi panas pasir hitam atau dengan nama lain adalah “Terasirtam”. (PS)

Komentar atas Pantai Giri Emas Cocok Untuk “TERASIRTAM” (Terapi Panas Pasir Hitam)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar