Deteksi Dini dan Pemantauan Faktor Risiko PTM di Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Desa Giri Emas

Pande Sujana Operator SID Pemdes Giri Emas 10 Februari 2020 12:25:17 WITA

giriemas-buleleng.desa.id - Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular (PTM) terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu yang diadakan di Gedung Balai Budaya (Gedung Serba Guna) Desa Giri Emas Berjalan dengan Lancar Senin (10/02/2020).

Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindak lanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar. 

Tim Kesehatan dari Puskesmas Sawan 1 yang menjadi narasumber dan pelaksana pemeriksaan kesehatan pada kegiatan Posbindu ini memberikan informasi kesehatan kepada 46 peserta posbindu yang datang ke Gedung Serba Guna.

Tujuan utama kegiatan Posbindu PTM adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM.

 

Komentar atas Deteksi Dini dan Pemantauan Faktor Risiko PTM di Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Desa Giri Emas

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar