Bulan Bahasa Bali Desa Giri Emas, 27 Februari 2020

Pande Sujana Operator SID Pemdes Giri Emas 02 Maret 2020 10:03:48 WITA

[Giri Emas, giriemas-buleleng.desa.id] Pemerintah Desa Giri Emas mengundang Lembaga Desa dan Masyarakat Desa Giri Emas untuk mensukseskan penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali Desa Giri Emas pada 27 Februari 2020.

Hadir dalam acara tersebut Perbekel Giri Emas “Wayan Sunarsa”, Kelian Desa Adat Sangsit Dangin Yeh Jro Mangku Wayan Gunawan, penyuluh bahasa bali se-kecamatan, pendamping desa, Ketua dan Anggota Lembaga desa lainnya, juga tampak hadir.

"Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali Desa Giri Emas pada 27 Februari 20120 merupakan kegiatan yang pertama kali digelar," di Desa Giri Emas jelas Perbekel Giri Emas “Wayan Sunarsa” usai pertemuan tersebut.

Dikatakan, penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali ini sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Bali Tentang Perubahan Perda Nomor 3 Tahun 1992 Tentang Bahasa, Aksara dan Sastra Bali. Ada pula Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 80 Tahun 2018 Tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Penyelenggaran Bulan Bahasa Bali.

Pihaknya mengundang para Penyuluh Bahasa Bali Se-kecamatan Sawan pada kesempatan tersebut, agar mereka bisa berperan aktif dalam Bulan Bahasa Bali dimaksud. Sehingga pelaksanaan Bulan Bahasa Bali yang merupakan upaya untuk melestarikan Bahasa Bali bisa sukses dilaksanakan di Desa Giri Emas.

Untuk kegiatan Bulan Bahasa Bali Desa Giri Emas ini kegiatannya dibiayai oleh Pemerintah Desa melalui Dana Desa, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa, Sub Pendidikan dengan kegiatan Penyelenggaraan PAUD/TK (Bulan Bahasa Bali Tingkat PAUD).

Perbekel Giri Emas “Wayan Sunarsa” menyatakan kegiatan Bulan Bahasa Bali ini merupakan momentum yang sangat strategis dan langkah konkrit dalam usaha pelestarian dan pengembangan Bahasa Bali Desa Giri Emas. “Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Desa Giri Emas untuk terus ikut serta dalam pelestarian bulan bahasa bali dimana Bali merupakan pilot project kemajuan dan pembangunan kebudayaan seperti yang selama ini didengungkan.

Sebelumnya Para Penyuluh Bahasa Bali yang bertugas melaksanakan Bulan Bahasa Bali di Desa Giri Emas ini telah berkoordinasi dengan kepala Desa Giri Emas, terkait program dan pembiayaan kegiatan Bulan Bahasa Bali ini.

Sejumlah kegiatan pada Bulan Bahasa Bali ini di antaranya Pemungkah, Nembangan Lagu Indonesia Raya, Puja Pangrestiti (Doa), Sambrama Wacana saking Perbekel Giri Emas sapisanan mungkah parikrama bulan bahasa bali Desa Giri Emas warsa 2020, Pacentokan ngewarnai Poster beraksara bali (TK), Mesandekan, Ngewedarang indik pamilet sane ngemolihang Jayanti oleh Panureksa, Nyukserahang Pramana patra (Piagam Penghargaan) miwah majeng ring pamilet sane ngemolihang Jayanti, Pemuput.

 

 

Komentar atas Bulan Bahasa Bali Desa Giri Emas, 27 Februari 2020

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar