Pembahasan dan Penyepakatan Perubahan Ke-2 Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Desa Giri

I Wayan Krisnadhodi Wedartha 10 Agustus 2020 13:02:26 WITA

[giriemas-buleleng.desa.id, Giri Emas] Terkait Pandemi Coronavirus Disease 19 (covid 19) yang saat ini tengah melanda dunia, Menteri Desa (Mendes) memberikan mandat kepada seluruh kepala desa untuk memprioritaskan penggunaan dana desa tahun 2020 untuk dua hal.

Prioritas Pertama adalah pembangunan infrastruktur secara swaloka dengan sistem Padat Karya Tunai Desa (PKDT) untuk memperkuat daya tahan ekonomi desa dan pendapatan masyarakat.

Prioritas Kedua adalah penguatan kesehatan masyarakat melalui upaya pencegahan dan penanganan Covid-19.

Dari mandat tersebut, Pemerintah Desa Giri Emas memprioritaskan dana desa untuk melakukan upaya pencegahan covid-19 dengan melaksanakan beberapa hal seperti: membentuk organisasi pengabdian masyarakat atau SATGAS Covid-19, membangun sarana kebersihan (tempat cuci tangan) yang tersebar di seluruh Desa Giri Emas, hingga melakukan penyemprotan disinfektan dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap menggunakan masker dan menjaga kebersihan diri.

Setelah upaya pencegahan covid-19 diatas berhasil dilaksanakan, pemerintah desa kemudian mengadakan rapat pembahasan perubahan ke-2 Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Giri Emas Tahun 2020 ditemani Ketua BPD dan Anggota pada Hari Rabu (05/08) bertempat di Balai Budaya atau Gedung Serbaguna Desa Giri Emas.

Dari hasil rapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) tidak akan melanjutkan Program Rencana Kerja Pemerintah 2020, melainkan akan meprioritaskan dana tersebut ke 3 hal berikut :

  1. Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT DD ) Untuk Tahap II ( Bulan Juli, Agustus dan September ).
  2. Pengembangan Informasi Publik Desa ( Pengadaan Sistem atau Software dan Sarana dan Prasarana Pendukung Informasi ).
  3. Membangun Sarana Prasarana Pendukung Pariwisata (Pembangunan Panggung Terbuka) dan Penataan Destinasi Wisata yang Berpotensi di Desa Giri Emas.

 

Semoga pemaparan hasil rapat ini bermanfaat bagi masyarakat Desa Giri Emas dan untuk mendukung program di atas dibutuhkan kerja sama dan koordinasi antara pemerintah desa dengan masyarakat agar dapat mencapai tujuan yang maksimal dan tepat sasaran.

Komentar atas Pembahasan dan Penyepakatan Perubahan Ke-2 Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Desa Giri

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar