Perayaan Tumpek Uye Desa Giri Emas Melaksanakan Kegiatan Upacara Danu Kerthi dan Wana Kerthi

Desak Putu Henny Krisnawati 29 Januari 2022 19:54:03 WITA

Telah dilaksanakan KEGIATAN UPACARA DANU KERTHI SEBAGAI PELAKSANAAN TATA-TITI KEHIDUPAN MASYARAKAT BALI BERDASARKAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL SAD KERTHI DALAM BALI ERA BARU sesuai INTRUKSI GUBERNUR BALI NOMOR 01 TAHUN 2022. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu Tanggal 29 Januari 2022 bertepatan dengan Perayaan Hari Raya Tumpek Uye atau Tumpek Kandang, Kegiatan dilaksanakan pada pukul 07.00 Wita bertempat di  Desa Giri Emas Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng, kegiatan yang dilaksanakan seperti bersih – bersih (mereresik) Sampah, Penanaman Pohon, Pelepasan Burung dan Pelepasan Ikan di Wewidangan Desa Adat Sangsit Dangin Yeh, acara tersebut dihadiri oleh Perbekel Giri Emas Wayan Saputra, Kapolres Buleleng diwakili Kasat Binmas Res Buleleng AKP Ketut Suparta, Kapolsek Sawan diwakili Waka Polsek Sawan  Iptu Nyoman Sri Mahayasa, Ketua KBPP Buleleng Kadek Yudi, Kelian Desa Adat Sangsit Dangin Yeh yang diwakili oleh Sekretaris Desa Adat Sangsit Dangin Yeh Made Sudiartana, Kelian Subak Dangin Yeh  Mangku Nasa, Ketua BPD Giri Emas Wayan Santiasa, Ketua PKK Giri Emas ibu  Nyoman Sunartini, Perangkat Desa, Bhabinkamtibmas Aiptu I Made Agra Kumara serta Warga Masyarakat Desa Giri Emas.

Tumpek Uye (Kandang) adalah upacara memuja keagungan Tuhan Yang Mahaesa sebagai Siva dan Pasupati, yang memelihara semua mahluk di alam semesta ini. Pemujaan Kepada Mahaesa ini diwujudkan dengan memberikan upacara selamatan terhadap semua binatang, khususnya binatang ternak atau piaraan. Hari Raya Tumpek Uye atau Tumpek Kandang jatuh setiap 6 bulan sekali atau tepatnya setiap hari Sabtu (Saniscara) Kliwon, Wuku Uye.

Adapun Kegiatan tersebut diawali dari KEGIATAN SAKALA DANU KERTHI yaitu Bersih-bersih ( Mereresik) Sampah di Pantai Giri Emas dan Areal Pura Gunung Sekar. Kegiatan bersih-bersih sampah difokuskan pada pemilahan sampah Organik dan Non Organik, kegiatan selanjutnya adalah Acara Penanaman Pohon yang berlokasi di areal Pura Gunung Sekar adapun jenis pohon yang ditanam yaitu Pohon Alpukat sebanyak 50 pohon, Pohon Cempaka sebanyak 5 pohon dan Pohon Ketapang sebanyak 5 pohon, acara Pelepasan Burung Perkutut dan Burung Puteh sebanyak 25 ekor yang berlokasi dihalaman Pura Gunung Sekar yang dilepas oleh Perbekel Giri Emas dan Perwakilan Tamu Undangan kegiatan selanjutnya Melepas Ikan Nila, Karper dan Lele sebanyak 200 ekor yang berlokasi di Sungai / Telabah Desa Giri Emas

 KEGIATAN NISKALA UPACARA DANU KERTHI Persembahyangan bersama yang dilaksanakan di PURA GUNUNG SEKAR Desa Giri Emas yang di Pimpin Oleh Jro. Mangku Made Ariawan, acara Persembahyangan berjalan dengan hikmat dan tertib.

Seluruh rangkaian Kegiatan Hari Raya Tumpek Uye atau Tumpek Kandang berjalan dengan baik dan lancar, seluruh Masyarakat yang hadir telah menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

Komentar atas Perayaan Tumpek Uye Desa Giri Emas Melaksanakan Kegiatan Upacara Danu Kerthi dan Wana Kerthi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar