PENYULUHAN HIV/AIDS DALAM RANGKA TMMD KE-115 TA 2022 DI DESA GIRI EMAS

Desak Putu Henny Krisnawati 20 Oktober 2022 13:47:15 WITA

PENYULUHAN HIV/AIDS DALAM RANGKA TMMD KE-115 TA 2022 DI DESA GIRI EMAS

giriemas-buleleng.desa.id  Pada hari Kamis tanggal (20/10/2022) telah dilaksanakan kegiatan Penyuluhan HIV/AIDS dalam Rangka TMMD ( TNI Manunggal Membangun Desa ) Ke-115 TA 2022, kegiatan tersebut dilaksanakan pada pukul 10.00 wita bertempat di Gedung Serba Guna Desa Giri Emas. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Pjs Pasiterdim 1609/Buleleng ( Kapten Inf. Putu Suradnya ) selaku Pawas TMMD ke-115, Perbekel Desa Giri Emas dan Perangkat Desa, Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng (Ibu Sri Listyawati S,KM ), Puskesmas Sawan 1 Desa Sangsit ( Dr. Melinda Ruslim ), Penyuluh Kesehatan Masyarakat Puskemas Sawan 1 Desa Sangsit ( Bapak I Komang Indra Irmawan,S,KM.), Siswa/Siswi SMP Negeri 4 Sawan, Siswa/Siswi SMP Negeri 2 Sawan, Siswa/Siswi SMA Negeri 1 Sawan, Karang Taruna Sekar Bhakti Desa Giri Emas, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Pada kesempatan tersebut bapak Perbekel Giri Emas ( Wayan Saputra ) menyampaikan Ucapan terimakasih kepada Adik-adik SMA 1 Sawan, SMP Negeri 4 Sawan dan SMP Negeri 2 Sawan dan Pihak sekolah karna dapat ikut berpartisipasi dalam Penyuluhan HIV/ AIDS dalam Rangka TMMD Ke-115 TA 2022. Semoga dengan adanya Penyuluhan Tentang HIV/ AIDS ini dapat bermanfaat dan di implementasikan di lingkungan sekolah.

Sambutan dari Pjs Pasiterdim 1609/Buleleng (Kapten Inf. Putu Suradnya), menyampaikan Program TMMD ke-115 Kodim 1609/Buleleng tidak hanya melaksanakan kegiatan yang bersifat fisik berupa pelebaran jalan dan rabat beton serta bedah rumah, namun juga kegiatan non fisik berupa Penyuluhan HIV/AIDS Dalam Rangka TMMD (TNI MANUNGGAL MEMBANGUN DESA) ke-115 TA 2022. Kegiatan non fisik juga menjadi bagian penting dari sasaran yang harus dicapai sebagai bagian tolak ukur keberhasilan atau suksesnya program TMMD 115 Kodim 1609/Buleleng. serta diharapkan pengetahuan yang diperoleh dalam kegiatan sosialisasi ini nantinya disampaikan kembali kepada keluarga terdekat maupun masyarakat lainnya.

Adapun Materi penyuluhan tentang HIV/AIDS disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng ( Ibu Sri Listyawati S,KM. ) beserta Puskesmas Sawan 1 Desa Sangsit ( Dr. Melinda Ruslim ) dan Penyuluh Kesehatan Masyarakat Puskemas Sawan 1 Desa Sangsit ( Bapak I Komang Indra Irmawan,S,KM. ) Dalam materinya  HIV/AIDS merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sedangkan AIDS merupakan sekumpulan gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh manusia yang disebabkan oleh virus HIV.

Diharapkan melalui penyuluhan ini dapat menurunkan jumlah kasus baru, menurunkan angka kematian, menghilangkan stigma dan diskriminasi. "Virus HIV AIDS dapat ditularkan melalui kontak cairan tubuh (hubungan seksual, asi) dan kontak darah(transfusi darah, narkoba, suntikan). Lebih lanjut dikatakan, gejala klinis pada stadium AIDS dapat dideteksi dengan Demam berkepanjangan lebih dari 1 bulan, Diare kronis lebih dari 1 bulan berulang/ terus menerus, Penurunan berat badan lebih dari 10 ℅ dalam 3 bulan, Batuk kronis selama 1 bulan, Infeksi pada mulut dan tenggorokan, Pembekakan kelenjar getah bening yang menetap diseluruh tubuh dan Bercak gatal diseluruh tubuh. Kelompok berisiko yang terkena AIDS yaitu Wanita penjaja seks, Pelanggan penjaja seks, Pria penjaja seks, waria, gay, Pengguna napza suntik, Tenaga kesehatan/pekerja laboratorium.

Kegiatan berjalan lancar dan aman.

Dokumen Lampiran : PENYULUHAN HIV/AIDS DALAM RANGKA TMMD KE-115 TA 2022 DESA DI GIRI EMAS


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar