SOSIALISASI SORGUM

Desak Putu Henny Krisnawati 29 Desember 2022 13:36:05 WITA

SOSIALISASI SORGUM Mewujudkan Ekonomi Kreatif Desa Melalui Sinergritas Pengelolaan dan Pengolahan Sumber Pangan Lokal

giriemas-buleleng.desa.id  Pada hari Kamis tanggal (29/12/2022) pukul 10.00 Wita bertempat di Ruang Rapat Kantor Desa Giri Emas  telah dilaksanakan  kegiatan Sosialisasi tentang SORGUM dengan Narasumber dari ketua HKTI Kab. Buleleng Praktisi Pertanian (I Nengah Suparna) dalam Rangka  Mewujudkan Ekonomi Kreatif Desa Melalui Sinergritas Pengelolaan dan Pengolahan Sumber Pangan Lokal. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Mangku Budiasa Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Buleleng, Dekan Fakultas Pertanian Panji Sakti yang diwakili oleh Wakil Dekan Fakultas Pertanian Panji Sakti Putu Shantiawan Prabawa, S.P.,M.P, Perbekel Desa Giri Emas & Perangkat Desa, Kelian Subak Sangsit Dangin Yeh dan prajuru, Ketua dan Anggota BPD, Ketua dan Anggota LPM, Perwakilan Masyarakat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Pada kesempatan tersebut Bapak Perbekel Desa Giri Emas ( Wayan Saputra ) menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Buleleng, Wakil Dekan Fakultas Pertanian Panji Sakti, dan Ketua HKTI Kabupaten Buleleng Praktisi Pertanian sebagai Narasumber yang berkesempatan hadir pada kesempatan ini.

Pada kesempatan tersebut Bapak Mangku Budiasa Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Buleleng menyampaikan harapkan kedepannya Desa Giri Emas dapat memanfaatkan Lahan yang kering menjadi lahan yang produktif dan Desa Giri Emas Menjadi Desa yang semakin Maju. Pemerintah desa harus berani mendorong masyarakat dan bergerak dengan cepat karna Potensi Desa Giri Emas sangat bagus  untuk penanaman Sorgum dan tentunya potensi pasar yang menjanjikan.

Adapun Penyuluhan SORGUM yang dipaparkan oleh narasumber yaitu Bapak I Nyoman Suparma SORGUM adalah tanaman yang seluruh bagiannya mempunyai nilai ekonomis. Selain budidayanya yang mudah, SORGUM juga mempunyai manfaat yang sangat luas antara lain untuk pangan, pakanternak, bahan baku industry, makanan dan minuman, industry alkohol, bahan baku etanol dan sebagainya.

Keragaman SORGUM

  1. Sweet Sorgum ( sorgum manis/sorgo/cane)
  2. Grain Sorgum ( sorgum biji )
  3. Broomcord ( dikenal diindonesia sebagai hermada)
  4. Grass sorgum (sundangrass / sorgum rumput)

Dari segi faktor ekonomi SORGUM merupakan tanaman ekonomis penting ke lima di dunia setelah gandum, beras, jagung dan barley. Negara produsen dan sekaligus pengekspor sorgum terbesar di dunia adalah amerika. Sementara negara pengimpor terbesar adalah meksiko dan jepang. Meksiko mengimpor untuk pakan ternak, sementara jepang mengimpor white sorgum untuk dijadikan tepung sebagai bahan makan dan industri.

Pengembangan agrobisnis sorgum dapat diintegrasikan dengan bidang peternakan, perkebunan dan kehutanan.

Sasaran utama sorgum sebagai FOOD - FEED - FLUEL

SEBARKAN SORGUM DIINDONESIA

 

Kegiatan Sosialisasi tentang SORGUM berjalan aman dan lancar.

Dokumen Lampiran : Mewujudkan Ekonomi Kreatif Desa Melalui Sinergritas Pengelolaan dan Pengolahan Sumber Pangan Lokal


Komentar atas SOSIALISASI SORGUM

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar