PRIORITAS PENGGUNAAN DANA DESA TAHUN 2023

Desak Putu Henny Krisnawati 14 Maret 2023 08:37:05 WITA

PRIORITAS PENGGUNAAN DANA DESA TAHUN 2023

giriemas-buleleng.desa.id  Pada hari jumat tanggal (10/3/2023) pukul 09.30 Wita bertempat di Ruang Rapat Kantor Perbekel Giri Emas telah dilaksanakan kegiatan Rapat Tentang Prioritas Pengunaan Dana Desa Tahun 2023 untuk Percepatan Penyaluran/ Realisasi Dana.  Sehubungan telah ditetapkannya Peraturan Desa Tahun 2023 sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Keuangan Nomor 201/PMK.07/2023 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Dimana dalam amanat tersebut di Prioritaskan penggunaannya untuk :

  1. BLT-DD Ekstrim
  2. Ketahanan Pangan Nabati dan Hewani
  3. Penyertaan Modal Bumdesa
  4. Peningkatan Sarana Pariwisata Tingkat Desa

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Perbekel Giri Emas dan Perangkat Desa (Kasi, Kaur, KBD), Anggota BPD, LPM, Ketua dan Anggota TPK, Bumdesa Labda Jaya, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

  1. Program BLT-DD Extrem adalah BLT Dana Desa, yakni Rp 300 ribu per keluarga per bulan. Penerimanya adalah keluarga berstatus miskin ekstrem, yakni salah satunya keluarga yang punya anggota Disabilitas dan keluarga yang mempunyai anggota ODGJ.
  2. Ketahanan Pangan Nabati dan Hewani adalah Bahan pangan nabati adalah bahan-bahan makanan yang berasal dari tanaman atau bahan makanan yang diolah dari bahan dasar dari tanaman. Bahan pangan hewani merupakan bahan-bahan makanan yang berasal dari hewan atau olahan yang bahan dasarnya dari hasil hewan. Saat ini budidaya ikan lele sistem bioflok adalah suatu sistem pemeliharaan ikan dengan cara menumbuhkan mikroorganisme yang berfungsi mengolah limbah budi daya itu sendiri menjadi gumpalan-gumpalan kecil yang bermanfaat sebagai makanan alami ikan.
  3. Penyertaan Modal Bumdesa diberikan kepada Bumdesa Labda Jaya sebesar Rp.20.000.000 ( dua puluh juta rupiah)
  4. Peningkatan Sarana Pariwisata Tingkat Desa yaitu pemavingan di area Pantai untuk mendukung sarana Pariwisata agar Pantai Giri Emas menjadi lebih besrih, asri dan tertata dengan rapi.

Dalam kesempatan tersebut Perbekel Giri Emas (Wayan Saputra) menyampaikan dengan diadakannya program-program tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Giri Emas untuk menuju Giri Emas yang semangkin Unggul.

Komentar atas PRIORITAS PENGGUNAAN DANA DESA TAHUN 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar