POSBINDU DAN SENAM LANSIA

Desak Putu Henny Krisnawati 13 November 2023 13:23:12 WITA

POSBINDU DAN SENAM LANSIA

[giriemas-buleleng.desa.id, Giri Emas]. Senin, (13/11/2023) pada pukul 09.00 wita-selesai bertempat di Kantor Desa Giri Emas, Pemerintah Desa Giri Emas bekerjasama dengan Puskesmas Sawan 1, telah melaksanakan kegiatan POSBINDU dan SENAM LANSIA.

Posbindu Lansia merupakan kegiatan yang sangat berarti bagi masyarakat Desa Giri Emas. Melalui kegiatan ini, Pemerintah Desa memberikan pelayanan kesehatan dan sosial kepada para lansia dengan tujuan memastikan mereka mendapatkan perawatan yang tepat dan dukungan yang mereka butuhkan.

Dalam kegiatan Posbindu dengan Tim Puskesmas Sawan 1 yang terdiri dari tenaga kesehatan Puskesmas Sawan 1 (Arik Arta Dana, Putu Sumiarsih, Yana Maya Sari ) melakukan pemeriksaan kesehatan rutin kepada para lansia.

Pada kesempatan tersebut PPTI Cabang Buleleng ibu Luh Yami Segama memberikan Penyuluhan tentang Penyakit TBC. Adapun materi yang diberikan adalah sebagai berikut :

Apa itu TBC ?

TBC atau tuberculosis adalah penyakit menular yang disebabkan kuman Mycobacterium Tuberculosis. Kuman TBC paling sering menyerang paru-paru tetapi jiga dapat menyerang organ tubuh lainnya seperti kelenjar getah bening, tulang, otak, kulit dll.

Bagaimana pengobatan TBC ? Tahap awal minum obat setiap hari selama 2 bulan, Tahap lanjutan minum obat 3x dalam seminggu selama 4 bulan. Bila tidak patuh minum obat dapat menyebabkan resistan obat anti TBC ( OAT ) atau yang paling parah menyebabkan kematian.

Faktor Resiko : Orang dengan factor resiko yaitu  Balita, Ibu Hamil, Orang yang kontak serumah, Lansia dengan diabetes Melitus, perokok, ODHIV.

Orang dengan DM beresiko 2-6 kali sakit TBC dibanding yang bukan DM.

Cara pencegahan TBC :

  1. PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.
  2. Membuka jendela agar rumah mendapatkan cukup sinar matahari dan udara segar
  3. Olah raga teratur
  4. Berhenti merokok
  5. Menjemur alat tidur agar tidak lembab
  6. Makan-makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  7. Mendapatkan vaksin suntikan BCG bagi anak usia di bawah 5 tahun untuk menghindari TBC berat.

Setelah penyuluhan tentang Penyakit TBC dan tanya jawab, Para Lansia melaksanakan kegiatan Senam Lansia, yang dipandu oleh Petugas Puskesmas Sawan 1 ( Ibu Yana Maya Sari ) dan melakukan Pemeriksanan dan Pemberian Obat kepada Para Lansia.

Kegiatan Posbinu berjalan dengan tertib dan lancar.

Komentar atas POSBINDU DAN SENAM LANSIA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar