Pembukaan Kegiatan Pesraman Pemangku 2019 Desa Pekraman Sangsit Dangin Yeh

Pande Sujana Operator SID Pemdes Giri Emas 01 Agustus 2019 13:49:40 WITA

Kegiatan Pasraman sebagai ajang pendidikan dan pelatihan bagi warga adat, kerap dilakukan di masing-masing desa adat/pakraman. Seperti dilakukan oleh Desa Adat Sangsit Dangin Yeh, Pembukaan Kegiatan Pesraman pemangku 2019 ini bertempat di Gedung Serba Guna Desa Giri Emas yang secara resmi di buka oleh Ketua Majelis Alit Adat Kecamatan Bapak Jro Drs. Wayan Suma Wijaya, SH., M. Si. Turut hadir juga perbekel Desa Giri Emas, Penyuluh Agama Kabupaten, Penyuluh Bahasa Bali Desa Giri Emas, Ketua pecalang, Babhinkamtibmas, Babinsa, Ketua Panitia Pesrama 2019, Ketua Majelis Alit Adat Kecamatan dan Paiketan Pemangku Desa Giri Emas.

Ketua panitia Pasraman pemangku 2019 Desa Adat Sangsit Dangin Yeh, Jro Mangku Wayan Gunawan,  disela pembukaan menyampaikan tujuan diselenggarakannya Pasraman Pemangku ini, yakni untuk meningkatkan pengetahuan khusunya di Desa Adat Sangsit Dangin Yeh. Selain itu untuk peningkatan pemahaman dalam bidang adat dan istiadat, baik di bidang Upakara-Yadnya, Srati Banten, sekaligus dalam keterampilan pembuatan anyaman ulatan dan mejejaitan sebagai sarana upacara.

Kegiatan Pasraman Pemangku ini diikuti para Pemangku Dadia dan para pemangku Kayangan Tiga, Desa Adat Sangsit Dangin Yeh.

Sementara itu Ketua Majelis Alit Adat Kecamatan Bapak Jro Drs. Wayan Suma Wijaya, SH., M. Si. mengatakan, walau selama ini aktivitas adat dan agama sudah berjalan secara turun temurun di desa adat ini berdasarkan dresta dan desa mawacara, namun dalam hal pendalamam Tattwa/Filosofi serta implementasinya dalam kehidupan masyarakat adat perlu terus dipupuk dan ditingkatkan khususnya bagi kalangan Srati dan Pemangku sehingga kehidupan adat dan Agama Hindu di desa adat Sangsit Dangin Yeh ini tetap berjalan harmonis, ujarnya.

Acara Pembukaan Kegiatan Pesraman pemangku 2019 yang dilaksanakan berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang sudah diagendakan oleh pihak panitia. (PS)

 

Komentar atas Pembukaan Kegiatan Pesraman Pemangku 2019 Desa Pekraman Sangsit Dangin Yeh

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar