SEJARAH TERBENTUKNYA DESA GIRI EMAS

Pande Sujana Operator SID Pemdes Giri Emas 02 Agustus 2019 08:22:49 WITA

Berawal dari mimpi penanaman Jepun Bali di areal Pura Gunung Sekar terdapat perintah dan asumsi untuk melakukan sesuatu. Setelah penulis mencoba memaknai dari mimpi tersebut terbentuklah Tim Penelitian dan Pengkajian Pemekaran Desa ( TPP Pemekaran ) pada Tahun 2001 berjumlah 23 Orang melalui keputusan bersama antara Kelian Desa Pakraman Sangsit Dangin Yeh dan Kelian Banjar Dinas Dangin Yeh yang bertugas untuk meneliti dari segala aspek untuk dikaji berkaitan dengan persyaratan Pemekaran Desa sesuai dengan perundang -undangan yang berlaku.Karena situasi dan kondisi Kabupaten Buleleng pada saat ituadanya suksesi Bupati yang mana kondisinya tidak memungkinkan, maka apa yang menjadi hasil Tim Peneliti dan Pengkajian Pemekaran Desa terhenti sampai situasi dan kondisi pulih kembali.

Pulihnya kondisi Kabupaten Buleleng yang kondusif dengan terpilihnya Drs. Putu Bagiada.MM Sebagai Bupati Buleleng pada Tahun 2002 Tim Peneliti dan Pengkajian Pemekaran Desa mulai melakukan tugasnya.Sebagai awal TPP Pemekaran Desa mengadakan Audensi dengan Perbekel Sangsit bersama Badan Perwakilan Desa ( BPD ) selanjutnya beraudensi dengan Bupati Buleleng bersama unsur pemerintah Desa dengan mendapatkan berbagai persyaratan dan tata cara Pemekaran desa.

Terpenuhi persyaratan yang dipersyaratkan oleh peraturan perundang - undangan terbentuklah Peraturan Desa Sangsit Nomor : 02 Tahun 2003 tentang Pemekaran Desa Sangsit, yaitu Desa Sangsit sebagai Desa Induk dan Desa Giri Emas sebagai Desa Persiapan selanjutnya melalui Keputusan Bupati Buleleng Nomor : 552 Tahun 2003 tentang Pengesahan Pemekaran Desa Sangsit tanggal 04 Oktober 2003 dan Keputusan Bupati Buleleng Nomor : 553 Tahun 2003 tentang Penetapan Nama Desa Giri Emas menjadi Desa Persiapan Tanggal 04 Oktober 2003 yang diresmikan di Pura Gunung Sekar Pada Tanggal 13 Desember 2003 Oleh Bupati Buleleng Drs. Putu Bagiada MM dan langsung melantik Saudara Putu Santi Arsana S.pd sebagai Kepala Desa Persiapan.

Nama Desa Giri Emas yang merupakan Wahyu dan petunjuk dari Pura Gunung Sekar serta berdasarkan musyawarah para Pemuka masyarakat dimaknai bahwa “ GIRI EMAS “ berasal dari Kata GIRI dan EMAS, Kata GIRI berarti Gunung yang diambil dari nama Pura Gunung Sekar, sedangkan kata EMAS yang diambil dari nama Pura Pancoran Emas. Kedua nama Pura ini diambil dari makna khusus yang mana salah satu Kebudayaan Ngusabha Desa yang disebut Ngusabha BUKAKAK. Satu satunya di Bali malahan didunia memegang peranan penting dalam Pelaksanaan Ngusabha Bukakak tersebut. Sertadalam penelusuran Sejarah ternyata Giri Emas merupakan nama Pura Gunung Sekar berdasarkan Sejarah Desa Sangsit dalam Dinasti Majapahit ( 1343 M - Jaman penjajahan ).

Sejak diberlakuknnya Desa Giri Emas sebagai Desa Persiapan, Pemerintahan Desa Giri Emas bersama masyarakatnya secara bergotong royong, berswadaya sekuat tenaga untuk membangun desa. Masyarakat tahu bahwa desa Persiapan merupakan ujian untuk memperoleh desa yang Depinitif. Pemerintah Desa terus berusaha melakukan sesuatu baik mengenai Pelayanan maupun Pembangunan serta tetap berkordinasi dengan Desa Sangsit sebagai Desa Induk dan instansi terkait. Berkat kerja keras dan kerjasama yang baik telah membuahkan hasil terbukti dengan evaluasi yang dilakukan oleh instsnsi terkait, Desa Giri Emas Persiapan layak dijadikan Sebagai Desa Definitif yang ditindaklanjuti  dengan Peraturan Bupati Buleleng Nomor : 405 Tahun 2005 tentang Penetapan Desa Persiapan Giri Emas menjadi Desa Definitif Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tanggal 14 Nopember 2005 dan langsung diresmikan pada tanggal tersebut oleh Bupati Buleleng Drs. Putu Bagiada MM di Kantor Perbekel Desa Giri Emas sekaligus melantik Saudara Putu Santi Arsana S.Pd sebagai Pejabat Perbekel Desa Giri Emas.

           Dengan definitifnya desa Giri Emas sebagaimana desa-desa mempunyai tugas, fungsi dan kewenangan mengamanatkan kepada pemerintahan desa untuk melaksanakan program-programnya baik fisik maupun nonfisik.

Adapun orang-orang yang pernah memimpin Desa Giri Emas adalah sebagai berikut :

      1 .Putu Santi Arsana,S.Pd                : 2003 – 2009 (Pj.Perbekel)

  1. Putu Santi Arsana,S.Pd : 2009 – 2015 (Perbekel)
  2. I Ketut Jaya Widiyasa                  : 2015 – 2015 (Pj.Perbekel)
  3. Wayan Sunarsa          : 2015 -  2021  (Perbekel)

 

Demikian secara ringkas dan sederhana dapat kami paparkan riwayat/sejarah Desa Giri Emas, yang mana sampai saat ini penduduk yang tinggal di Desa ini sangat heterogen,dengan banyak suku,namun keamanan masih dapat kita jaga bersama-sama dengan menjunjung tinggi rasa persaudaraan diantara pendatang yang ada,sehingga suasana tetap kondusif.

Komentar atas SEJARAH TERBENTUKNYA DESA GIRI EMAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar