MAKNA DARI LAMBANG BUMDES LABDAJAYA DESA GIRI EMAS

I Wayan Krisnadhodi Wedartha 21 September 2019 10:37:46 WITA

giriemas.buleleng.desa.id - Dalam mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tentunya mempunyai tujuan untuk membantu kesejahteraan dan perekonomian bagi Desa.

Ada empat tujuan didirikanya BUMDes, diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan perekonomian desa
  2. Meningkatkan pendapatan asli desa
  3. Meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat
  4. Serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa

Pendirian dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produktif desa yang dilakukan secara Koorperatif, Partisifatif, Emansipatif, Transparansi, Akuntabel dan Sustaniabel.  Oleh karena itu perlu upaya serius untuk menjadikan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien dan professional.

Nah BUMDes Desa Giri Emas dalam waktu dekat akan diresmikan, maka dari itu seluruh administrasi yang disiapkan haruslah sesuai dengan ketentuan yang ada. Di langkah awal BUMDes Labdajaya Desa Giri Emas meluncurkan sebuah Logo BUMDes yang bertujuan sebagai lambang dalam pembanguan ekonomi yang dimulai dari desa dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan.

Adapun Simbol – Simbol yang terdapat dalam Logo tersebut adalah sebagai Berikut :

  1. Padi dan Kapas melambangkan sila ke lima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Padi dan kapas digunakan karena merupakan kebutuhan dasar setiap manusia, yakni pangan dan sandang sebagai syarat utama untuk mencapai kemakmuran.
  2. Gunung Sawah dan laut melambangkan kemakmuran.
  3. Labdajaya ; diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti mencapai kemenangan
  4. Pohon kelapamelambangkan kehidupan yang makmur dan sejahtera karena pohon kelapa adalah pohon dengan seribu guna yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia.
  5. Bunga Kamboja dapat diartikan sebagai lambang Dedikasi, pengabdian dan juga sebagai symbol keabadian
  6. Jumlah 17 butir kapas, 8 buah petakan sawah, 45 butir padi melambangkan Hari kemerdekaan Republik Indonesia dan kemakmuran

 Arti Keseluruhan:

Makna dari logo/lambang BUMDes Labdajaya tersebut adalah ungkapan yang kuat dalam upaya mensejahterakan masyarakat Indonesia melalui peran pembangunan pemberdayaan masyarakat Desa khususnya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dan juga merupakan Badan Usaha Milik Desa yang bertujuan Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Desa melalui Pembangunan Usaha Ekonomi dan Pelayanan Sosial masyarakat. (PS)

 

 

 

Komentar atas MAKNA DARI LAMBANG BUMDES LABDAJAYA DESA GIRI EMAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar