REMBUG DESA KONVERGENSI PENCEGAHAN STUNTING DI DESA GIRI EMAS

Pande Sujana Operator SID Pemdes Giri Emas 01 Oktober 2019 08:45:38 WITA

giriemas-buleleng.desa.id - Pemerintah Desa Giri Emas, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng bekerja sama dengan tim Kesehatan sawan satu, Tenaga ahli (TA), Tim pelaksana inovasi desa (TPID) kecamatan sawan, menggelar Rembug Desa dengan tema “Konvergensi pencegahan stunting desa Giri Emas”, di balai budaya (Gedung Serba Guna) Desa Giri Emas, Senin (30/9/2019).

 Tim Keseshatan Sawan satu menerangkan, pihaknya bersama pemerintah Desa Giri Emas dalam hal ini diwakili oleh Bidan Desa, Kader Posyandu, Kader pembangunan manusia (KPM) dan kader rumah desa sehat (RDS) berkomitmen mengatasi permasalahan stunting melalui intervensi spesifik dan sensitif, yakni penyebab langsung dan tidak langsung masalah gizi di desa Giri Emas.

 Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak, yakni terhambatnya pertumbuhan tubuh dan otak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Hal ini terjadi karena pola asuh dan pola asupan gizi yang kurang baik.

Dalam rangka percepatan penurunan stunting di wilayah desa Giri Emas,  Pemerintah Desa Giri Emas dalam hal ini Kader Posyandu telah melaksanakan beberapa hal pencegahan. Di antaranya adalah dengan memberikan tablet penambah darah pada remaja putri, dan kepada para ibu hamil  selama masa kehamilannya dan pemberian obat cacing serta makanan sehat tambahan kepada anak dan balita.

Langkah-langkah tersebut di atas harus diimbangi dengan kesadaran masyarakat dengan melakukan pola hidup sehat. Oleh karenanya melalui kegiatan tersebut di atas, kita berharap seluruh peserta dapat ikut mensosialisasikan pencegahan stunting kepada masyarakat melalui beberapa tindakan, Ujar salah salah satu tim Dokter kesehatan sawan satu.

Perbekel Desa Giri Emas Wayan Sunarsa menjelaskan, pertemuan rembug stunting ini  bertujuan agar intervensi sensitif dan spesifik, dapat terintegrasi, terorganisir dan terpadu, untuk bersama-sama mencari kelompok prioritas stunting. Berikutnya adalah untuk meningkatkan komitmen bersama para pemangku kebijakan di Kecamatan Sawan dan Kabupaten Buleleng terhadap upaya penurunan stunting.

Terakhir kita berharap  pertemuan Rembug Desa “Konvergensi pencegahan stunting desa Giri Emas”, dapat menjadi salah satu upaya dalam menurunkan angka stunting di Desa giri Emas dan semoga dapat menjadi sarana untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, tentang pentingnya gizi seimbang dalam mencegah stunting. (PS)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar