PENYULUHAN BELA NEGARA DALAM RANGKA TMMD KE-115 TA 2022 DI DESA GIRI EMAS

Desak Putu Henny Krisnawati 01 November 2022 22:03:14 WITA

PENYULUHAN BELA NEGARA DALAM RANGKA TMMD KE-115 TA 2022 DI DESA GIRI EMAS

giriemas-buleleng.desa.id  Pada hari Selasa tanggal (1/11/2022) pukul 10.00 Wita bertempat di Gedung Serba Guna Desa Giri Emas telah dilaksanakan  kegiatan Penyuluhan Bela Negara dengan narasumber dari Kodim 1609/Buleleng Dalam Rangka  TMMD Ke-115 TA 2022,  di Desa Giri Emas Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Perbekel Desa Giri Emas dan Perangkat Desa, Bati Wanwil Stafterdim 1609/Buleleng ( Peltu I Putu Wijaya ) selaku Narasumber Penyuluhan Bela Negara, Kelian Adat Sangsit Dangin Yeh dan Prajuru, Kelian Subak Dangi Yeh dan Prajuru, Ketua BPD Giri Emas, Ketua dan Anggota Pecalang, Ketua dan Anggota Linmas, Tokoh Masyarakat,  Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Pada kesempatan tersebut Bapak Perbekel Desa Giri Emas ( Wayan Saputra ) menyampaikan terimakasih kepada Kelian Adat Sangsit Dangin Yeh dan Prajuru, Kelian Subak Dangi Yeh dan Prajuru, Ketua BPD Giri Emas, Ketua dan Anggota Pecalang, Ketua dan Anggota Linmas, Tokoh Masyarakat, karna telah menyempatkan untuk hadir dalam Acara Penyuluhan Bela Negara yang tentunya sanggat penting didalam kehidupan bermasyarakat, semoga apa yang akan disampaikan oleh narasumber pada hari ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. 

Adapun Penyuluhan Bela Negara yang dipaparkan oleh narasumber yaitu Bati Wanwil Stafterdim 1609/Buleleng ( Peltu I Putu Wijaya ) menyampaikan  bahwa Penyuluhan bela negara pada hakekatnya merupakan upaya untuk menimbulkan kesadaran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan menumbuhkan jati diri dan moral bangsa sebagai landasan dalam pelaksanaan hak dan kewajiban sebagai warga negara dengan tujuan untuk mewujudkan warga negara yang sadar dalam melaksanakan kewajiban bela Negara.

Itu sebabnya, masyarakat harus tahu agar saat benar-benar terjadi perang siap membela negara. Baik mendukung daerahnya sebagai kantong logistik, maupun ikut terlibat menjaga kedaulatan negara melawan musuh.

Dalam bela negara semua WNI punya kewajiban terlibat. Lebih baik lagi punya tekad dan semangat maju. Siap menjadi TNI maupun Polri. berharap supaya kita dapat bercermin dari pahlawan yang rela mengorbankan roh, jiwa, raganya demi keutuhan bangsa serta berpegang pada empat konsensus bangsa yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Keempat konsensus ini merupakan pilihan final bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Dalam menghadapi Globalisasi dan menatap masa depan untuk mengisi kemerdekaan, kita memerlukan perjuangan Non Fisik.

Bela negara adalah sikap, tekad, perilaku warga negara yang menunjukkan kecintaannya kepada sebuah negara mulai anak-anak sampai orang tua. Upaya bela negara diperlukan karena adanya tanggung jawab untuk mempertahankan keutuhan negara. Hal itu berarti secara konstitusional bela negara mengikat seluruh bangsa Indonesia sebagai hak dan kewajiban setiap warga negara.

Kegiatan Penyuluhan Bela Negara berjalan aman dan lancar.

Dokumen Lampiran : PENYULUHAN BELA NEGARA DALAM RANGKA TMMD KE-115 TA 2022 DI DESA GIRI EMAS


Komentar atas PENYULUHAN BELA NEGARA DALAM RANGKA TMMD KE-115 TA 2022 DI DESA GIRI EMAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar