BULAN PEMBERIAN KAPSUL VITAMIN A DAN OBAT CACING DI DESA GIRI EMAS

Pande Sujana Operator SID Pemdes Giri Emas 07 Agustus 2019 11:16:16 WITA

 

giriemas-buleleng.desa.id  Tim Kesehatan Desa Giri Emas mendata seluruh anak balita yang datang ke Posyandu dan membagikan Vitamin A dan Obat cacing dibanjar Dinas Dangin Yeh tanggal 5 Agustus 2019 dan di Banjar Dinas Segara tanggal 7 Agustus 2019.

Pembagian obat cacing dilakukan rutin setahun sekali di bulan Agustus, sementara pemberian Vitamin A diberikan dua kali dalam setahun setiap bulan Februari dan Bulan Agustus.

Bidan Desa, Tim Kesehatan Kabupaten, Kader Posyandu dan Mahasiswa UNUD Denpasar membantu membagikan Vitamin A dan Obat Cacing secara gratis, Obat cacing dijelaskan sebagai langkah pencegahan penyakit Filarisasi (Penyakit Kaki Gajah), Sementara Vitamin A dikonsumsi untuk balita usia 6 bulan ke atas yang bemanfaat untuk kesehatan mata.

Program pemerintah ini bisa kita dapatkan di puskesmas ataupun posyandu terdekat di masing-masing Desa di seluruh Indonesia.

Adapun Tujuan diberikannya Obat Cacing pada anak atau Balita :

  1. Dapat mengoptimalkan penyerapan karobohidrat, protein, vitamin A dan zat besi sehingga meningkatkan kualitas hidup, status gizi dan perkembangan anak.

Seorang anak yang mempunyai cacing di dalam tubuhnya akan menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuhnya sehingga nutrisi tidak sempurna diserap. Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan seperti defisiensi zat besi, anak kurang gizi, bahkan tumbuh kembang anak menjadi lambat bahkan terlambat.
 

  1. Mengurangi Stunting pada anak

Kondisi stunting ini merupakan hal yang lagi perlu jadi perhatian kita yang ditandai dengan pertumbuhan tinggi anak yang tidak sesuai dengan usianya.
 

  1. Membunuh berbagai jenis cacing baik dari telur, larva dan cacing

Sedangkan obat cacing Diethyl Carbamazine Citrat atau yang lebih dikenal dengan DEC ini diberikan pada anak usia 2 tahun keatas dengan tujuan mencegah dan membasmi penyakit kaki gajah (Eliminasi Filiaris).
 

Semoga dengan adanya pemberian Vitamin A dan Obat cacing di setiap banjar yang ada di Desa Giri Emas oleh Pemerintah, akan membuat anak-anak dan balita generasi Giri Emas  tumbuh sehat. (PS)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar