PELAKSANAAN PEKAN IMUNISASI NASIONAL POLIO 2024 SERENTAK DI DESA GIRI EMAS

30 Juli 2024 12:45:23 WITA

PELAKSANAAN PEKAN IMUNISASI NASIONAL POLIO 2024 SERENTAK DI DESA GIRI EMAS

giriemas-buleleng.desa.id Pada hari Selasa-Rabu tanggal 23-24 Juli 2024 Telah dilaksanakan Kegiatan Pekan Imunisasi Nasional Polio 2024 Serentak di Kecamatan Sawan. Kegiatan dilaksanakan di Balai Banjar Dinas Dangin Yeh dan Balai Banjar Dinas Segara, kegiatan di hadiri oleh Perbekel Giri Emas, Kelian Bajar Dinas Dangin Yeh dan Kelian Bajar Dinas Segara dan staf yang membidangi, Puskesmas Sawan 1, Ketua TP.PKK, Kader Posyandu, adik-adik KKN Universitas Udayana dan Bhabinkamtibmas.

Dalam kesempatan tersebut Dr. Shabrina internship dari Puskesmas Sawan 1 menyampaikan Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dilaksanakan sebagai respon atas Kejadian Luar Biasa (KLB) yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Sebanyak 32 Provinsi dan 399 kabupaten/kota di Indonesia masuk dalam kategori risiko tinggi polio.

Sejak 2022 hingga 2024, telah dilaporkan sebanyak total 12 kasus kelumpuhan, dengan 11 kasus yang disebabkan oleh virus polio tipe 2 dan satu kasus diakibatkan oleh virus polio tipe 1. Kasus-kasus ini tersebar di 8 provinsi di Indonesia, yaitu Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Banten.

Imunisasi polio ini dilaksanakan dalam dua putaran dengan menggunakan vaksin novel oral polio vaccine type 2 (n0PV2). Putaran pertama akan berlangsung dari tanggal 23 hingga 29 Juli 2024, dan putaran kedua pada tanggal 6 hingga 12 Agustus 2024.

Mengingat virus polio dapat menyebabkan kelumpuhan permanen bahkan kematian, kegiatan vaksinasi PIN Polio digalakkan untuk mencegah merebaknya kasus polio di Indonesia. Pemberian 2 tetes vaksin Polio akan serentak dilaksanakan oleh tim medis, bidan dan kader posyandu. Selain di puskesmas, tempat pelaksanaan vaksin Polio juga berlangsung di posyandu, PAUD, Tk, SD/MI. Dalam hal ini termasuk Puskesmas Sawan 1 yang turut berperan dalam pencegahan ini di kawasan Sangsit, Giri Emas, Kerobokan, Bungkulan, Sinabun, Suwug dan Sudaji.

Dengan jumlah sasaran balita umur 0-8 tahun untuk Banjar Dinas Dangin Yeh 86 balita dengan tingkat kehadiran 78 balita dan Jumlah sasaran Br. Dinas Segara 103 balita dengan tingkat kehadiran 84 balita

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Komentar atas PELAKSANAAN PEKAN IMUNISASI NASIONAL POLIO 2024 SERENTAK DI DESA GIRI EMAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar