EXPLORASI KEUNIKAN GOA RAJA SEBAGAI TEMPAT WISATA RELIGI BARU DI DESA GIRI EMAS

Desak Putu Henny Krisnawati 19 Juli 2019 18:24:05 WITA

Giriemas.buleleng.desa.id  Explorasi keunikan Goa Raja yang akan dijadikan wisata religi baru oleh pemerintah Desa Giri Emas, adalah Wayan Sunarsa selaku perbekel Desa Giri Emas bersama bapak I Made Agra Kumara selaku Babhinkamtibmas Desa Giri Emas, 19 orang Mahasiswa KKN UNUD Denpasar dan beberapa orang dari perwakilan warga Desa Giri Emas ikut menelusuri Goa Raja tersebut. Menempuh jarak kurang lebih 2 km dari kantor perbekel Desa Giri Emas yang  menempuh jalan yang cukup terjal dengan mengendarai sepeda motor dan berjalan kaki.

Warga masyarakat Desa Giri Emas biasanya menyebut Goa tersebut dengan nama Goa Raksasa, ada juga beberapa tokoh masyarakat menyebutnya dengan Goa Raja dan ada juga kutipan dari Lontar Turunan Satria Taman Bali Goa ini dinamakan GOA SAH.

Wayan Sunarsa mengatakan bahwa dengan adanya peninggalan Goa Raja ini maka kita akan bisa menemukan jati diri kita sebagai Desa yang mempunyai sejarah yang sangat unik di masa lalu, berjalan dari kutipan Perbekel Desa Giri Emas tersebut  Maka pembangunan infrastuktur jalan menuju Goa tersebut harus di rencanakan agar nantinya bisa menjadikan tempat ini sebagai tempat Wisata Religi baru di desa sehingga bisa mendatangkan pendapatan asli bagi Desa kita.

Dalam penelusuran Goa Raja tersebut bebarapa mahasiswa daru UNUD Denpasar mencoba untuk memasuki Goa Raja tersebut, Alhasil dari penuturan mahasiswa yang sudah 20 menit an memasuki Goa tersebut menemui kendala, mereka tidak bisa masuk lebih ke dalam lagi Karena faktor lubang Goa banyak ada timbunan pasir dibawahnya sehingga mereka memutuskan untuk balik ke depan Goa. Didepan Goa beberapa mahasiswa juga melakukan kebersihan dengan menyapu sampah - sampah yang berserakan mulai dari  dalam Goa dan areal sekitar Goa Raja tersebut.

Dengan adanya rencana pembangunan infrastruktur jalan menuju Goa raja ini dan pembersihan pasir yang ada di dalam Goa semoga Desa Giri Emas bisa menjadi desa yang mempunyai tempat wisata religi yang terkenal. (PS)

 

 

Komentar atas EXPLORASI KEUNIKAN GOA RAJA SEBAGAI TEMPAT WISATA RELIGI BARU DI DESA GIRI EMAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar