KOORDINASI PENGAMANAN OGOH-OGOH DALAM RANGKA NYEPI TAHUN BARU SAKA 1945

Desak Putu Henny Krisnawati 17 Maret 2023 10:38:07 WITA

KOORDINASI PENGAMANAN OGOH-OGOH DALAM RANGKA NYEPI TAHUN BARU SAKA 1945

giriemas-buleleng.desa.id  Pada hari Rabu tanggal (15/3/2023) pukul 14.00 Wita – selesai, bertempat di Ruang Kantor Perbekel Giri Emas  telah dilaksanakan Kegiatan Koordinasi Pengamanan Ogoh-Ogoh Dalam Rangka Nyepi Tahun Baru Saka 1945 yang dihadiri oleh Perbekel Giri Emas, Kelian Adat Sangsit Dangin Yeh, Ketua dan Anggota Pecalang, Ketua dan Anggota Linmas, Koordinator Ogoh-ogoh dan Anggota, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Dalam kesempatan tersebut Perbekel Giri Emas (Wayan Saputra) menyampaikan agar tetap selalu menjaga keamanan dan ketertiban agar perayaan nyepi dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Kelian Desa Adat (Jro Mangku Wayan Gunawan) menyampaikan apresiasinya kepada muda-mudi yang ikut serta dalam Penyambutan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 dengan membuat berbagi macam Ogoh-Ogoh. Dalam kesempatan tersebut Kelian Adat menyampaikan akan diadakan lomba ogoh-ogoh yang bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas muda-mudi yang ada di Desa Giri Emas.

Bhabinkamtibmas (Aiptu I Made Agra Kumara) dan Babinsa (Pelda Made Sarineka) mengajak  dan menghimbau agar semua peserta ogoh ogoh untuk bersama menjaga keamanan dan ketertiban sebelum, pada saat dan sesudah pengarakan ogoh-ogoh. 

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pengundian untuk menentukan posisi dan jalur yang akan dilewati. Adapun peserta ogoh-ogoh berjumlah 8 ogoh-ogoh yaitu :

  1. Nomor urut 2 Kelompok Lettu Lameg
  2. Nomor urut 3 kelompok Bucun Pasek.
  3. Nomor urut 4 kelompok Gang Kenanga
  4. Nomor urut 5 kelompok Gang Lebong
  5. Nomor urut 6 kelompok Nirdon 1 dan 2
  6. Nomor urut 7 kelompok Bedulu
  7. Nomor urut 8 kelompok Empelan

Adapun kesepakatan yang dihasilkan adalah :

  1. Tidak diperkenankan menyalakan mercon atau petasan
  2. Tidak diperkenankan meminum minuman beralkohol sebelum dan saat mengusung ogoh-ogoh.
  3. Apabila peserta tidak diiringi oleh gambelan baleganjur ataupun jenis alat gambelan lainnya,

diperkenankan memakai sound system dengan membunyikan gambelan bali dan tidak diperkenankan membunyikan suara musik jenis lainnya.

  1. Disepakati pengarakan ogoh-ogoh dilaksanakan dengan menggunakan nomor urut yaitu nomor ganjil dari simpang 4 Giri Emas menuju selatan sampai indomaret kemudian balik menuju setra agung dan selanjunya di pralina (dibakar)
  2. Untuk nomer genap menuju timur sampai dengan perbatasan Giri Emas Desa Bungkulan kemudian balik menuju Setra agung untuk dipralina.(dibakar)
  3. Disepakati ogoh-ogoh dikeluarkan ke jalan raya pukul 10.00 Wita sampai dengan Pukul 13.00 Wita ditaruh di selatan jalan berjejer dari Barat menuju Timur.

Komentar atas KOORDINASI PENGAMANAN OGOH-OGOH DALAM RANGKA NYEPI TAHUN BARU SAKA 1945

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar