ORIENTASI KADER POSYANDU TENTANG PEMANTAUAN PERTUMBUHAN dan PENGEMBANGAN

Desak Putu Henny Krisnawati 14 April 2023 13:06:06 WITA

ORIENTASI KADER POSYANDU TENTANG PEMANTAUAN PERTUMBUHAN dan PENGEMBANGAN

[giriemas-buleleng.desa.id, Giri Emas]. Jumat (14/4/2023) pada pukul 09.00-selesai bertempat di Ruang Rapat Kantor Desa Giri Emas telah dilaksanakan Kegiatan Orientasi kader posyandu tentang pemantauan pertumbuhan dan pengembangan yang di hadiri oleh Kasi Pelayanan, TP-PKK Giri Emas, Kader Posyandu, Bidan Desa, dan Puskesmas Sawan I.

Adapun bebrapa materi yang diberikan oleh Petuas Puskesmas Sawan 1 (Ibu Luh Marleni dan Ibu Luh Komang Yuliarsih) adalah tentang ANTROPOMETRI. Antropometri (ukuran tubuh) merupakan salah satu cara langsung menilai status gizi, khususnya keadaan energi dan protein tubuh seseorang. Dengan demikian, antropometri merupakan indikator status gizi yang berkaitan dengan masalah kekurangan energi dan protein yang dikenal dengan KEP

Tinggi badan menurut umur (TB/U) adalah indikator untuk mengetahui seorang anak stunting atau normal. Tinggi badan merupakan antropometri yang menggambarkan pertumbuhan skeletal. Dalam keadaan normal, tinggi badan tumbuh seiring pertambahan umur. Pertumbuhan tinggi badan relatif kurang sensitif terhadap masalah kekurangan gizi dalam waktu pendek. Indeks TB/U menggambarkan status gizi masa lampau serta erat kaitannya dengan sosial ekonomi.

Pemantauan Pertumbuhan dan Pengembangan adalah Skrining pertumbuhan dilakukan dengan menimbang berat badan, mengukur panjang / tinggi badan dan lingkar kepala. Data tersebut kemudian diplotkan ke dalam kurva pertumbuhan yang sesuai untuk umur dan jenis kelamin yang ada di buku kesehatan anak.

Kader merupakan ujung tombak di desa, diharapkan dapat menjembatani antara petugas kesehatan dengan masyarakat serta membantu masyarakat mengidentifikasi dan menghadapi serta menjawab kebutuhan kesehatan mereka sendiri. Orientasi kader ini bertujuan agar kader mampu melakukan pengukuran yang baik dan benar sesuai standar pertumbuhan dan perkembangan balita yang telah ditetapkan  serta pendataan yang akurat dan valid untuk angka stunting.

Komentar atas ORIENTASI KADER POSYANDU TENTANG PEMANTAUAN PERTUMBUHAN dan PENGEMBANGAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar