REMBUK STUNTING DESA GIRI EMAS TAHUN 2023

Desak Putu Henny Krisnawati 06 Juli 2023 12:51:54 WITA

REMBUK STUNTING DESA GIRI EMAS TAHUN 2023

[giriemas-buleleng.desa.id, Giri Emas]. Rabu (5/7/2023) Dalam Rangka pelaksanaan percepatan dan pencegahan Stunting di Desa Giri Emas, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Giri Emas Melaksanakan Kegiatan Rembuk Stunting Desa Giri Emas Tahun 2023 bertempat di Ruang Rapat Desa Giri Emas pada pukul 11.00 Wita - selesai. Kegiatan di hadiri oleh, Perbekel Giri Emas, Perangkat Desa (KBD, Kasi, Kaur) dan Kontrak, LPM, UPTD Puskesmas Sawan 1, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat, Ketua TP.PKK Giri Emas, Bidan Desa, KPM, Kader Posyandu Br. Dinas Dangin Yeh dan Banjar Dinas Segara, PLD, PD, T.A Kabupaten Buleleng, Babinkamtibmas dan Babinsa.

Rembuk stunting ini merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2023, juga menjadi amanat Pemerintah Pusat dan Kabupaten terhadap pemerintah desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa tahun 2023 untuk pencegahan dan penanganan stunting.

Program ini harus dilaksanakan secara terpadu, terkoordinasi oleh berbagai lintas sektor,mengingat urgensi persoalan stunting ini, maka diwajibkan Bagi Desa menuangkan dalam RKP Desa dan APBDes untuk memastikan adanya program penanganan dan pencegahan stunting.Langkah ini diambil dengan harapan dapat membangun kapasitas dan komitmen pemerintah desa dalam merencanakan, mengimplementasikan, memantau, dan mengevaluasi intervensi yang terpusat guna mengurangi angka gagal tumbuh anak,Hal ini menjadi penting sebab pencegahan dan penanganan stunting menjadi salah komitmen pencapaian pemerintah dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Rembuk Stunting di buka oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) Wayan Santiasa dengan pembahasan Konvergensi percepatan dan pencegahan stunting di Desa Giri Emas dan Penetapan usulan kegiatan prioritas berdasarkan persentase laporan hasil konvergensi pencegahan stunting di Desa Giri Emas.

Pembacaan Laporan Balita dan Ibu Hamil Desa Giri Emas per Bulan Januari – Maret Tahun 2023 oleh KPM ( Gede Edi Suartana) dengan Laporan sebagai berikut  :

  1. Sasaran Posyandu Dusun Dangin Yeh
    1. Balita umur 0 s/d 23 bulan   : 39 orang
    2. Balita umur 24 s/d 59 Bulan : 58 orang
    3. Status Balita umur 0 s/d 23 bulan : Gizi Kurang : 1, Gizi Buruk    : 0, Stunting    : 0
    4. Status Anak umur 24 s/d 59 Bulan : Gizi kurang : 1, Gizi buruk   : 0, Stunting : 1
  2. Sasaran Posyandu Dusun Segara
    1. Balita umur 0 s/d 23 bulan : 35 orang
    2. Balita umur 24 s/d 59 bulan : 61 orang
    3. Status Balita umur 0 s/d 23 bulan : Gizi kurang : 0, Gizi Buruk : 0, Stunting : 0
    4. Status Balita umur 24 s/d 59 bulan : Gizi kurang : 0, Gizi buruk    : 0, Stunting   : 0
  3. Jumlah Ibu Hamil Dusun Dangin Yeh : 6 Orang

          Ibu Hamil Resti Dusun Dangin Yeh adalah Ketut Yuni Sariani ( Resti jarak anak kurang dari 2 tahun )

  1. Jumlah Ibu Hamil Dusun Segara : 6 orang

          Ibu Hamil Resti Dusun Segara adalah Luh Restini ( Resti dengan jarak anak kurang dari 2 Tahun )

Pada kesempatan tersebut Perbekel Giri Emas ( Wayan Saputra ) Rembuk stunting wajib dilaksanakan  dan menjadi prioritas pemerintah. Semoga kedepannya Stunting yang ada di Desa Giri Emas dapat berkurang dan mari kita bersama-sama memerangi Stunting agar tumbuh kembang anak tidak terhambat. Diharapkan tingkat keterlibatan semua lini masyarakat ikut serta terlibat dalam penurunan Stunting Desa Giri Emas.

Dalam kesempatan tersebut ada beberapa saran dan masukan dari Kader Posyandu, Tokoh masyarakat dan beberapa undangan yang hadir, agar fasilitas dan pelayanan dari Posyandu di tingkatkan, agar kedepannya kesadaran dan kehadiran ibu-ibu untuk mengajak Bayi dan Balitanya kePosyandu untuk mengetahui Tumbuh Kembang Bayi dan Balita. Karna tumbuh kembang bayi dan balita sanggat penting untuk mencegah terjadinya Stunting.

Hasil dari Rembuk Stunting adalah

  1. Penyampaian konvergensi percepatan dan pencegahan stunting Desa Giri Emas
  2. Penyampaian usulan prioritas berdasarkan laporan capaian konvergensi stunting
  3. Beberapa permasalahan dan aspirasi akan di sampaikan pada acara Lokakarya dan Musdes ( Musyawarah Desa  Penyusunan RKPDesa ) Tahun 2024
  4. Penanganan stunting jadi perhatian khusus dan berkomitmen Pemerintah Desa Giri Emas dalam menurunkan angka stunding dan gizi buruk pada anak-anak.

Kegiatan Rembuk Stunting berjalan dengan lancar.

Komentar atas REMBUK STUNTING DESA GIRI EMAS TAHUN 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar