KEGIATAN POSYANDU dan KELAS IBU BALITA BR DINAS SEGARA

Desak Putu Henny Krisnawati 07 Juli 2023 11:39:18 WITA

KEGIATAN POSYANDU dan KELAS IBU BALITA BR DINAS SEGARA

[giriemas-buleleng.desa.id, Giri Emas]. Jumat (7/7/2023) bertempat di Balai Banjar Dinas Segara Desa Giri Emas telah dilaksanakan Kegiatan Posyandu dan Kelas Ibu Balita yang di hadiri oleh, Ibu Ketua PKK Desa Giri Emas (Nyoman Sunartini), Bidan Desa, Kader KPM, Kader Posyandu Segara, Kader BKB, Petugas Pendamping Posyandu Puskesmas Sawan I, Kelian Banjar Dinas Segara dan Kasi yang membidangi. Kegiatan Posyandu diadakan rutin setiap bulan.

Posyandu adalah jenis pelayanan kepada anak berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak. Manfaat Posyandu ialah memberikan layanan kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare.

  1. Penimbangan Balita dilakukan tiap bulan di posyandu. Penimbangan secara rutin di posyandu untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula. KMS adalah kartu untuk mencatat dan memantau pekembangan balita dengan melihat garis pertumbuhan berat badan anak dari bulan ke bulan. Pada KMS dapat diketahui status pertumbuhan anaknya.
  2. Imunisasi. Di posyandu balita akan mendapatkan layanan imunisasi. Macam imunisasi yang diberikan di posyandu adalah BCG untuk mencegah penyakit TBC, DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus, Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan dan Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B (penyakit kuning).
  3. Peningkatan Gizi, dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita.

 

KELAS IBU BALITA dengan nara sumber Dr. Yeti dan Ibu Bidan Luh Mariani ( Puskesmas Sawan I) dengan materi Pemberian MP-ASI kepada Balita. Pemberian MP-ASI bertujuan untuk melatih dan membiasakan bayi mengonsumsi makanan yang mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuhnya seiring dengan pertambahan usianya. Selain itu, MP-ASI juga membantu mengembangkan kemampuan bayi dalam mengunyah dan menelan makanan.

MP-ASI diberikan pada usia yang tepat, yaitu ketika ASI saja tidak mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. IDAI dan WHO merekomendasikan pemberian MPASI selambat-lambatnya usia 6 bulan.

Beberapa jenis makanan yang disarankan untuk diberikan saat awal MPASI, antara lain: Sayuran yang ditumbuk seperti wortel, labu, kentang, ubi, brokoli. Buah tumbuk, seperti apel, pir, pisang, pepaya, atau alpukat. Sereal bayi bebas gluten yang diperkaya dengan zat besi, ibu bisa mencampurkannya dengan ASI.

Dengan Tingkat kehadiran bayi dan balita sebanyak 55 Balita dan 3 balita imunisasi.

Kegiatan Posyandu berjalan dengan lancar, terima kasih kami ucapkan kepada masyarakat Banjar Dinas Segara khususnya ibu-ibu yang sudah antusias untuk datang ke Posyandu. Terima Kasih juga kami ucapkan kepada Ibu Ketua PKK Desa Giri Emas yang selalu mendampingi, Bidan Desa, Kader KPM dan Kader Posyandu Banjar Dinas Segara yang sudah melaksanakan Tugasnya dengan baik, dan terima kasih kami ucapakan kepada Petugas Pendamping Posyandu dan Nara Sumber  Puskesmas sawan I.

Komentar atas KEGIATAN POSYANDU dan KELAS IBU BALITA BR DINAS SEGARA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar