PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI ( P4K )

Desak Putu Henny Krisnawati 11 Juli 2023 14:22:02 WITA

PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI ( P4K )

giriemas-buleleng.desa.id  Pada hari Senin tanggal (10/7/2023) pukul 09.00 wita s/d selesai, telah dilaksankan kegiatan P4K (Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi), kegiatan di hadiri oleh Perbekel Giri Emas, Ketua TP.PKK, Kader Posyandu, Kader TPK dan Adik-adik PKL Stah Mpu Kuturan Singaraja.

Dalam kesempatan tersebut Perbekel Giri Emas (Wayan Saputra) menyanpaian ucapan terimakasih kepada Puskesmas Sawan I yang akan memberikan Penyuluhan tentang P4K dan semoga Sosialisasi ini bermanfaat khususnya bagi Kader Posyandu dan TPK dan tentunya yang akan diimplementasikan di lapangan.

Pada kesempatan ini Nara sumber yaitu ibu Wayan Laksmi memberikan sosialisasi tentang Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) yaitu  Pemeriksaan kehamilan yang dilakukan oleh bidan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil, suami dan keluarga tentang Kehamilan berisiko, Bahaya kehamilan,  Ajakan pada ibu, suami dan keluarga untuk merencanakan persalinan.

Tujuan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K)  antara lain Suami, keluarga dan masyarakat paham tentang bahaya persalinan, Adanya rencana persalinan yang aman,  Adanya rencana kontrasepsi yang akan di pakai,  Adanya dukungan masyarakat, Tokoh Masyarakat, Kader, dukung untuk ikut KB pasca persalinan, Adanya dukungan sukarela dalam persiapan biaya, transportasi, donor darah,  Memantapkan kerjasama antara bidan, dukun bayi dan kader.

Penyebab utama kematian ibu saat ini ialah Perdarahan, Eklamsia dan Infeksi. Kematian ibu dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu 3 Terlambat dan 4 Terlalu. 3 Terlambat (Terlambat mengenal tanda bahaya dan mengambil keputusan; Terlambat mencapai fasilitas kesehatan; Terlambat mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan). 4 Terlalu (Terlalu muda punya anak (3 anak); Terlalu rapat jarak melahirkan (35 th).

Sosialisasi yang kedua ada Tentang Sosialisasi KIE Kespro Pembentukan Posyandu Remaja dengan nara sumber Ibu Komang Sri Candrawati, S,Tr.Keb. Posyandu Remaja memiliki tujuan yaitu meningkatkan peran remaja dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi posyandu remaja, meningkatkan Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS), meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja tentang kesehatan reproduksi bagi remaja, meningkatkan pengetahuan terkait kesehatan jiwa dan pencegahan penyalahgunaan NAPZA, mempercepat upaya perbaikan gizi remaja, mendorong remaja untuk melakukan aktivitas fisik, melakukan deteksi dini dan pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM), dan meningkatkan kesadaran remaja dalam pencegahan kekerasan.

Kegiatan apa saja yang dilakukan di posyandu remaja adalah Pada saat posyandu remaja juga dilakukan pemeriksaan meliputi pemeriksaan tekanan darah, pengukuran tekanan darah atau tensi, berat badan, tinggi badan, lingkar lengan dan juga pemberian KiE (konseling, informasi, dan edukasi).

Manfaat lain dari posyandu remaja adalah membekali remaja untuk memiliki keterampilan hidup sehat, sekaligus sebagai aktualisasi diri dalam peningkatan derajat kesehatan mereka. Dengan adanya keterampilan ini, diharapkan dapat membantu para remaja membentuk pribadi yang lebih baik dan berprinsip.

Kegiatan berlangsung dengan diskusi dan tanya jawab dan diakhiri dengan foto bersama.

Komentar atas PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI ( P4K )

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar