SOSIALISASI METODE WOLBACHIA DI DESA GIRI EMAS

Desak Putu Henny Krisnawati 26 Juli 2023 09:45:26 WITA

SOSIALISASI METODE WOLBACHIA DI DESA GIRI EMAS

giriemas-buleleng.desa.id  Pada hari Senin tanggal (24/7/2023) pukul 09.00 wita s/d selesai, Perbekel Giri Emas menghadiri Sosoalisasi Metode Wolbachia dan Edukasi Rumah ke Rumah, kegiatan dilaksanakan di Kantor Desa Giri Emas kegiatan di hadiri oleh Perbekel Giri Emas dan Staf Pemerintah Desa, Bidan Desa, Tim World Mosquito Program (WMP) dari Kabupaten Buleleng, Puskesmas Sawan 1 ,  Kelian subak Dangin Yeh, Ketua dan Anggota BPD, Ketua dan Anggota LPM, Tokoh Maysarakat, Ketua TP.PKK dan Anggota, Kader Posyandu, Kader BKB, Kader Siaga dan KPM, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH dan BPNT.

Pada kesempatan tersebut Perbekel Giri Emas ( Wayan Saputra ) menyampaikan bahwa mendukung Program dari Pemerintah tentang memberantas nyamuk demam berdarah yang sering dikenal dengan nyamuk Aedes aegypti, semoga dengan diberikannya edukasi tentang apa itu Wolbachia masyarakat Desa Giri Emas dapat membatu pemerintah untuk menyukseskan program tersebut dan Perbekel Giri Emas menyampaikan terimkasih kasih yang sebesar-besarnya pada para undangan yang dapat hadir disela-sela kesibukan masing-masing.

Sebelum memberikan materi para undangan diberikan free test untuk mengetahui seberapa jauh masyarakat Desa Giri Emas yang hadir mengetahui apa itu Wolbachia, Free Test diberikan dari TIM World Mosquito Program ( WMP ) Kabupaten Buleleng ( Derisia dan Dewa Hary ).

World Mosquito Program ( WMP ) merupakan inisiatif nirlaba yang memiliki tujuan untuk melindungi masyarakat dari penyakit bawaan nyamuk, seperti demam berdarah dengue, chikungunya, sika dan demam kuning. WMP menggunakan bakteri alami Wolbachia yang memiliki kemampuan menghambat penularan virus dengue yang dibawa olah nyamuk Aedes Aegypti.Saat ini WMP bekerja di 12 negara di Pasifik, Asia, Eropa dan Amerika. Diindonesia, WMP telah menerapkan metode ini di Yogyakarta.Di Bali, WMP bekerja sama dengan Save The Children Indonesia dan Yayasan Kerti Praja serta Pemerintah Daerah dan mendapatkan pendanaan dari Pemerintah Australia dan The Gillespie Family Faondation. WMP memulai kegiatan di Denpasar dan Buleleng sejak tahun 2022. Untuk Kecamatan Sawan Desa yang terpilih adalah Desa Giri Emas, Desa Sangsit, Desa Kerobokan, Desa Bungkulan dan Desa Sinabun. Jadi masing-masing Rumah Warga yang telah disurvey akan diberikan 1 ember kecil telur Wolbachia, jadi telur tersebut diasuh atau dipelihara agar menjadi nyamuk Wolbachia.

Materi di paparkan oleh narasumber dari Puskesamas Sawan 1 yaitu ( Ibu Florida ). Materi yang diberikan tentang apa itu WOLBACHIA. Wolbachia merupakan bakteri alamiah yang umum ditemukan di 50% jenis serangga, termasuk kupu-kupu, capung, lebah. Wolbachia mempunyai kemampuan dalam menghambat perkembangan virus dengue dengan sangat baik. Wolbachia diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Wolbachia aman bagi manusia, hewan dan lingkungan karena Wolbachia hanya hidup di dalam sel serangga.

Bagaimana Wolbachia Melindungi Kita Dari Penularan Dengue :

Nyamuk tanpa Wolbachia menularkan virus dengue : Nyamuk mengigit orang dengan virus dengue – Nyamuk yang sama mengigit orang lain maka orang tersebut akan terinfeksi virus dengue.Sedangkan Nyamuk yang berWolbachia menghambat penularan virus dengue : Nyamuk ber Wolbachia mengigit orang dengan virus dengue – Nyamuk ber Wolbachia yang sama mengigit orang lain – orang tersebut tidak terinfeksi virus DBD.

Setelah pemaparan materi dan sesi tanya jawab, masyarakat Desa Giri Emas yang hadir diberikan Kembali free test untuk mengetahui seberapa jauh masyarakat Desa Giri Emas yang hadir memahami tentang apa itu Wolbachia.

Kegiatan Sosoalisasi Metode Wolbachia dan Edukasi Rumah ke Rumah berjalan dengan lancar.

 

#RahajengRauhWolbachia

Komentar atas SOSIALISASI METODE WOLBACHIA DI DESA GIRI EMAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar