KEGIATAN POSYANDU dan KELAS IBU BALITA BR DINAS SEGARA

Desak Putu Henny Krisnawati 08 Agustus 2023 12:19:25 WITA

KEGIATAN POSYANDU dan KELAS IBU BALITA BR DINAS SEGARA

[giriemas-buleleng.desa.id, Giri Emas]. Senin (7/8/2023) bertempat di Balai Banjar Dinas Segara Desa Giri Emas telah dilaksanakan Kegiatan Posyandu dan Kelas Ibu Balita yang di hadiri oleh, Ibu Ketua TP.PKK Desa Giri Emas (Nyoman Sunartini), Bidan Desa, Kader KPM, Kader Posyandu Segara, Kader BKB, Petugas Pendamping Posyandu Puskesmas Sawan I, dan Kasi yang membidangi. Kegiatan Posyandu diadakan rutin setiap bulan.

Posyandu adalah jenis pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa memantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Manfaat Posyandu ialah memberikan layanan kesehatan balita dan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, penyuluhan tentang Kesehatan dan gizi, dan penanggulangan diare, dalam kesempatan tersebut Balita juga di berikan Obat Cacing. Obat cacing diberikan pada seluruh anak Balita dengan usia 1 tahun keatas.

KELAS IBU BALITA dengan nara sumber Ibu Bidan Sumi dan Ibu Bidan Luh Mariani ( Puskesmas Sawan I) dengan materi PEMBERIAN IMUNISASI. Imunisasi pada bayi dan anak memiliki manfaat yang sangat besar. Imunisasi merupakan suatu upaya dari pemerintah yang bertujuan untuk mencegah meningkatnya angka kesakitan pada penyakit tertentu yang beresiko pada bayi.

Program imunisasi merupakan langkah untuk mencegah penyakit menular dengan cara memberikan vaksin pada seseorang sehingga tubuhnya resisten terhadap penyakit tertentu.

Tujuan pemberian imunisasi adalah membentuk kekebalan tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus penyebab penyakit.

Pemberian imunisasi pada bayi menjadi hal yang penting, sebab tubuh bayi memiliki tingkat imunitas yang rendah sehingga harus segera mendapatkan perlindungan dari infeksi penyakit menular.

Imunisasi penting dan sebaiknya dilakukan sedini mungkin, termasuk saat anak baru lahir.

Saat imunisasi, anak akan diberikan vaksin untuk membantu mencegah atau menurunkan risiko infeksi atau pada penyakit tertentu sehingga akan meminimalisir angka kejadian kesakitan dan komplikasi.

Manfaat imunisasi bagi bayi sangat bagus untuk menghindari penyakit infeksi berbahaya yang dapat dicegah dengan imunisasi, sehingga si bayi bisa tumbuh sehat. Selain itu manfaat imunisasi bisa menurunkan angka kejadian penyakit, kecacatan, hilangnya nyawa seseorang yang disebabkan oleh penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan imunisasi, sehingga anak dapat tumbuh sehat dan cerdas.

Untuk mencegah kemungkinan si bayi terserang berbagai penyakit, maka orang tua wajib memberikan imunisasi kepada buah hatinya itu.

Jenis Imunisasi Anak yang Wajib yaitu : 

Kurang dari 24 jam diberikan Imusisasi Hepatitis B ( HB-0 )

1 Bulan : BCG Polio 1, mencegah penularan tuberculosis dan polio

2 Bulan : DPT-HB-Hib 1 Polio 2, mencegah polio, difteri, batuk rejan, retanus, hepatitis B, meningitis, & pneumonia

3 Bulan : DPT-HB-Hib 2 Polio 3

4 Bulan : DPT-HB-Hib 3 Polio 4

9 Bulan : Campak, mencegah campak.

Kegiatan Posyandu berjalan dengan lancar, terima kasih kami ucapkan kepada masyarakat Banjar Dinas Segara khususnya ibu-ibu yang sudah antusias untuk datang ke Posyandu. Terima Kasih juga kami ucapkan kepada Ketua TP.PKK Giri Emas, Bidan Desa, Kader KPM dan Kader Posyandu Banjar Dinas Segara yang sudah melaksanakan Tugasnya dengan baik, dan terima kasih kami ucapakan kepada Nara Sumber yang telah memberikan pengetahuan kepada Ibu-Ibu tentang pentingnya Imunisasi, Petugas Puskesmas Sawan I Kecamatan Sawan yang selalu mendampingi kegiatan Posyandu di Desa Giri Emas.

Kegiatan berjalan dengan lancar.

Komentar atas KEGIATAN POSYANDU dan KELAS IBU BALITA BR DINAS SEGARA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Giri Emas

tampilkan dalam peta lebih besar